Mobi Bermigrasi Ke Smartfren

Beberapa hari ini saya mengikuti migrasi dari paket Internet Mobi ke Smartfren yang dilakukan secara otomatis oleh pihak Mobile-8 dan Smart. Tentu saja dengan modem tua Pantech PX-500 CDMA yang masih menyertai, dan koneksi EVDO yang memang tersedia di Yogyakarta.

Namun saya melihat beberapa perbedaan, sekilas tarif tampak tidak jauh berbeda. Namun setelah beberapa hari, saya melihat ternyata yang didapatkan berbeda.

Mobi

Jika menggunakan Mobi sebelumnya, sepanjang bulan bisa mendapatkan laju unduhan 400 – 900 Kbps secara stabil tanpa ada masalah.

Sedangkan untuk Smartfren hanya maksimal 384 Kbps, itu-pun naik turun dan tidak stabil. Padahal biaya yang dibebankan pelanggan Smartfren untuk memperoleh nilai ini adalah dua kali lebih mahal daripada biaya saat masih menggunakan Mobi.

Jadi, kalau dilihat secara kasar (tidak objektif), maka bisa dikatakan layanan Internet Smartfren 2x lebih mahal namun 3x lebih lebih lambat dari Mobi. Hitungannya Mobi masih 6x lebih baik daripada Smartfren.

Jadi, apakah saya salah menghitung atau ada kenaikan tarif dengan penurunan kualitas layanan pada ISP yang sudah mengalami penggabungan ini?

Iklan

9 pemikiran pada “Mobi Bermigrasi Ke Smartfren

  1. Sejak sehabis lebaran idul fitri 2011, MOBI mengadakan program internet sehat dan aman (INSAN), ane merasakan banyak situs diblokir (mediafire,TPB,Torrent) dan kecepatan download turun mnjadi 20 kb/s, pake IDM juga lambat 40 kb/s. TAPI SEBELUM ADA PROGRAM INSAN MOBI ane kenceng download diatas 36 kb/s, make IDM dwnload 100- 175 kb/s. INTINYA SETELAH ADA PROGRAM INSAN, MOBI MENJADI LAMBAT DAN BANYAK SITUS YG DIBLOKIR

    Suka

  2. mbahoo

    Lam kenal, ane numpang curhat ya boss.
    baru tiga minggu ane pake smartfren paket true unlimited 384kbps (beli modemnya di PRJ nitip temen :p lagi promo 200ribu dapet free 384kbps 1bln). setelah tes langsung kecewa. alasannya GA STABIL!! susah bgt kalo mo attach email lebih dari 1MB, pasti time out n gagal upload trus si modem langsung bobo alias idle alias nongol logo Zzzz…. (weleh2..kok bobo?..kan lagi upload?!?!?) terutama kalo pake jaringan evdo. tp kalo pake yg 1x masih bisa upload tp lebih lama dan itu juga ga stabil. kadang kalo diperhatiin statistikmya turun naek drastis, bisa nyampe ke 0kbps turunnya.
    kalo jaringan 1x bisa full 5 bar sinyalya tp yg evdo cuma 2-3 bar doang mentoknya. domisili ane di daerah cipete jakarta selatan. masa sih di daerah selatan sinyalnya bs kendor?!?!
    yg jadi masalah tuh sinyalnya sih cukup tp ga stabilnya itu loh…bikin senewen. lebih baik speed 64kbps tp uptime 99% ketimbang 400kbps tp uptimenya cuma 65%. ane sering maen game online yg butuh uptime tinggi tp ga butuh bandwith gede. 64kbps aja cukup asal ga sering drop.
    ga seru banget kan kalo lagi nge game kondisi lagi menang nih.. tau2 disconnet dari server. langsung sumpah serapah deh @#%$%@
    apa mungkin juga karena modemnya murahan? entahlah..hanya tuhan yg tau
    1 lagi..soal IP..ada beberapa website dimana ane ga bisa nge-donlot karena IP modemnya dibaca IP ke-2 dimana koneksi yg dipake adalah IP ke-1 alias IP servernya smartfren. ga ngerti dah, pake ICSnya windwos kali ya si servernya smartfren, atau memang goverment policy untuk anti-piracy?).

    jadi begitulah, kalo ada yg bernasib sama…terimalah.
    tengkyu

    Suka

    1. Yah, kadang ada masanya seperti itu, kadang pernah sebulan tidak bisa dipakai sama sekali, parah jika sudah begitu. Biasanya saya menghubungi pihak Mobile-8 dulu, sehinga mereka bisa survei ke lokasi kita, apa ada masalah sinyal atau bagaimana, setelah survei dan perbaikan, biasanya lancar lagi.

      Suka

  3. hellic

    setuju mas bro.. ane pake tarif yang 45 rebu max download speed 25kbps ituoun cuman bentar normal nya di 10-15kbps.. terus ane mau tanya.. ane beli modem ini 2nd terus ane inject modem pantech ane ke kartu smart (sebelum nya fren gag bisa dipake lagi)..
    1. apakah ada perbedaan kualitas kecepatan kalo diganti ke kartu ini.?
    2. modem ane sering disconnect kalo lagi migrasi sinyal dari evdo ke 1x dan sebaliknya terus pas ane coba connect lagi di software nya kompie langsung hang.. ini kenapa ya?
    additional info :
    – ane pake software update acces manager to VZ acces manager, (Apa ada pengaruh nya update software ini)
    – OS win 7

    Thanks jawaban nya…

    Suka

    1. Hellic,
      Jika beli modem ini sebagai second hand buyer, dilihat dulu apakah modemnya masih aktif atau tidak. Kalau sudah tidak aktif, biasanya dibawah ke Mobile Gallery untuk diaktifkan lagi. Jika masih aktif, maka tinggal diisi pulsa (baik Fren atau Smart) lalu pakai registrasi dengan paket Smart Conex itu (yang iklannya mobil F1 di televisi). Saat ini Fren dan Smart kan sudah jadi satu sebagai Smartfren, jadi sistemnya yang dulu pakai Fren atau Mobi akan otomatis bermigrasi ke Smartfren.

      Hmm…, 10 Kbps itu kan kecil sekali, setara dengan 0,1-0,2 KiB/s lho. Sementara MOBI dan Smartfren di tempat saya bisa sampai 90 KiB/s (setara 640 kbps), kalau dulu semasa MOBI sih bisa mencapai 200 KiB/s (setara 1,6 Mbps). Apa yakin tidak ada gangguan sinyal?

      Secara teori sih tidak akan ada perubahan kecepatan, karena kan jaringannya sekarang sudah sama. Jadi mau pakai kartu Fren, Mobi ataupun Smartfren akan sama saja, kalau dulu sih masih ada perbedaan frekuensi jaringan menurut jawaban yang diberikan pada saya oleh pihak penyedia.

      Nah, ini dia, saya tidak tahu apakah Pantech PX-500 bisa berjalan di Windows 7. Beberapa kali saya memasang driver untuk Windows 7 di komputer teman, tetap saja Modem Pantech PX-500 PCMCIA saya tidak terdeteksi, apa mungkin driver untuk untuk seri yang menggunakan konektor USB, entahlah. Tapi saya belum coba menggunakan driver yang untuk Windows Vista. Saya sendiri menggunakan driver untuk Windows Vista dan sampai sekarang lancar saja.

      Berada di daerah sinyal yang tidak stabil juga demikian, saya sering mengalami untuk kartu GSM, perpindahan sinyal dari EDGE ke HSDPA dan sebaliknya sering membuat koneksi terputus dan tidak bisa tersambung lagi. Kalau ini solusi saya kurang tahu buat CDMA, tapi kalau untuk GSM biasanya saya paksa untuk mengambil salah satu frekuensi saja, apakah EDGE atau HSDPA-nya.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.