Berkontribusi di Wikipedia

Beberapa waktu lalu saya terlibat percakapan akan bagaimana memberi kontribusi di Wikipedia. Menjadi kontributor di Wikipedia bisa dikatakan susah-susah gampang. Susah karena seorang kontributor mesti memahami bagaimana struktur penulisan di Wikipedia, tentu saja termasuk bagaimana cara memberikan sitasi yang diperlukan.

Mudah tentu saja karena yang Anda perlukan hanyalah sebuah komputer dengan akses Internet dan peramban yang mendukungnya. Mendaftar sebagai kontributor di Wikipedia tidak terlalu berbeda dengan mendaftarkan sebuah blog gratisan ataupun mendaftar di Facebook.

Ada ribuan pengguna Internet di Indonesia yang mengakses informasi dari Wikipedia setiap harinya, atau bahkan mungkin setiap jamnya? Namun kira-kira seberapa banyak yang berkontribusi untuk memberikan pengetahuan mereka?

Anda tidak harus berkontribusi pada halaman Wikipedia berbahasa Inggris jika tidak terlalu percaya diri, pada halaman Wikipedia berbahasa Indonesia pun banyak yang bisa Anda tuliskan. Misalnya tentang area pariwisata di sekitar lokasi anda, yang mungkin namanya tidak dikenal publik secara luas. Ya, Anda bisa menyumbang tulisan pada sebuah ensiklopedia daring terbesar di dunia maya, sekaligus secara tidak langsung mempromosikan wilayah wisata daerah anda. Walau tentu dalam Wikipedia, segala elemen promosi dilarang, sehingga yang saya maksudkan mempromosikan secara tidak langsung adalah memberi kesempatan pada masyarakat luas untuk mengenalnya melalui Internet.

Kontribusi - Wikipedia

Jika Anda seorang narablog, maka Anda bisa menemukan sedikit kesamaan dalam menulis di Wikipedia dan blog. Hanya saja bedanya Wikipedia memiliki susunan dan bentuk yang lebih formal, termasuk penggunaan EYD pada setiap artikel berbahasa Indonesia. Perbedaannya dengan blog adalah karena lisensinya adalah creative commons, share alike, dan sebagainya, Anda tidak perlu takut menulis dan salah, karena seseorang akan memperbaiki kesalahan tersebut. Atau membiarkan beberapa bagian tetap kosong, misalnya Anda menulis tentang tembang tradisional “Ginanti” (dikenal juga sebagai “Kinanti”), namun tidak tahu kapan mulai berkembang dan digunakan di nusantara, Anda bisa mengosongkan bagian ini dalam rangkaian sejarahnya, seseorang yang tahu mungkin akan menambahkannya suatu saat nanti.

Namun keleluasaan ini juga berarti ada Wikipedia bisa disalahgunakan. Saya masih ingat bertahun-tahun lalu, saat saya mengikuti sebuah debat publik di dunia maya – maklum, masih sedang hangat-hangatnya jadi mahasiswa baru ketika itu. Lawan debat tiba-tiba menyodorkan penguat argumennya yang berasal dari Wikipedia, yang kemudian saya temukan agak aneh, karena artikel itu tentu akan melanggar logika umum yang ada.

Ketika saya menelusuri lebih jauh, rupanya artikel itu beberapa saat sebelumnya telah “dipelintir”, atau disunting tepat pada bagian-bagian tertentu sehingga mengubah makna umum artikel tersebut. Hal ini mudah dilakukan, cukup menambahkan menjadikan frase atau kalimat yang diinginkan menjadi kalimat negatif untuk membalikkan maknanya, seperti menambahkan kata “bukan” atau “tidak”. Contohnya:

Penulis novel Harry Potter yang sebenarnya bukanlah J.K Rowling.

Nah, melihat contoh di atas, premisnya tidak salah. Namun logika umum tentu akan disalahi. Tapi yang saya tekankan bukan hanya logika umum bahwa setiap penggemar Harry Potter tahu bahwa J.K Rowling adalah penulis novel tersebut. Namun menyalahi logika bahwa ensiklopedia tidak menggunakan kalimat negatif dan informasi yang tidak perlu. Mengapa harus menambahkan informasi tentang J.K Rowling jika bukan dia pengarangnya? Mengapa tidak langsung menulis siapa pengarang yang sebenarnya?

Saya tidak tahu ada berapa banyak artikel Wikipedia yang dipelintirkan pada faktanya, dan tidak tahu untuk kepentingan apa saja hal-hal tersebut dilakukan. Namun dengan menjadi kontributor di Wikipedia, Anda akan berkesempatan meluruskan kembali artikel-artikel yang dipelintir tersebut – tentu saja secara legeartis.

Jika Anda berminat untuk mulai menjadi kontributor di Wikipedia, untuk memulai menyumbangkan tulisan anda, tidak ada salahnya membaca terlebih dahulu “Panduan Menulis Artikel yang Lebih Baik” & “Panduan Membuat Halaman Baru”. Sisa pelbagai tips lainnya akan Anda temukan melalui halaman-halaman tersebut.

Sumbangsih anda mungkin akan menjadi warisan yang bermakna bagi generasi selanjutnya.

Iklan

14 Comments

      1. Di atas Mas Cahya menjelaskan tidak boleh promosi, tetapi misalnya saya menyisipkan link blog saya untuk dapat backlink, kira-kira bermasalah gak ya mas? Saya sudah daftar beberapa hari lalu, dan memang ada tujuan untuk cari backlink.

        Suka

        Balas

        1. Mungkin tidak bisa disisipkan langsung, tapi via footnote. Wikipedia hanya berisi link atau tautan intrinsik di dalam artikel, yang mengarah ke artikel Wikipedia lainnya. Tautan keluar biasanya diletakkan di catatan kaki, bukan di artikel. Dan itu sah saja selama sesuai kaidah penulisan wiki.

          Suka

  1. Dulu waktu saya masih sibuk cari dollar di internet + memburu peringat 1 google agar productnya laku, Saya menggunakan cara berkontribusi di WIKI untuk mendapatkan Traffic juga backlink. hehhehe Tapi sekarang ga ada iklan + backlink, Hanya sekedar tulisan usang yang terpampang di blog baru saya

    Suka

    Balas

  2. Hm.. boleh dicoba,

    bakal perlu pendalaman materi yg lebih jika ingin menulis di wiki, karena orang yg membacanya pasti mengharap kebenaran terkait isi tulisan. kalau-kalau salah dikit bisa membahayakan org banyak, sperti kasu yg mas katakan..

    Suka

    Balas

  3. Saya belum terpikir untuk menjadi kontributor di sana. Menulis untuk blog sendiri saja masih malas, bagaimanan mau menulis di wikipedia 😀

    OK, semoga sukses mas sebagai salah satu kontributornya, saya mendukung sekali langkah ini, karena saya tahu, mas cahya adalah orang yang tepat, seorang penulis sejati, atau kalau mau didramatisir anda adalah seorang narablog sejati (yang pernah saya maksud di salah satu tulisan di blog saya) 🙂

    Suka

    Balas

    1. Sama Mas Rismaka, saya juga ogahan kalau menulis di blog sendiri 😀 – saya hanya menyunting yang saya tahu saja, ah, apa daya, hanya tong kosong saja, jadi tidak banyak yang bisa saya tawarkan.

      Suka

      Balas

  4. Selama ini saya juga baru pada tahap pengguna mas… Banyak ilmu yang saya ambil disana terutama yang berkaitan dengan kata2 yang sulit dimengerti…

    Suka

    Balas

  5. Whahahaha berasa diomongin di artikel ini, Cahya 😛

    But ya, aku jadi tertarik untuk nulis di wikipedia, siapa tahu pengalaman jalan-jalanku bisa berguna 🙂

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.