Cara Mengakses Partisi Linux dari Windows

Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa jika pada sebuah komputer memiliki sistem dual-boot antara Windows dan Linux, maka Linux akan bisa dengan mudah mengakses data pada partisi Windows, sedangkan Windows tidak bisa melakukannya. Mengapa, alasannya sederhana, Linux lebih superior dibandingkan Windows – yah itulah alasan konon sekitar 95% komputer di seluruh dunia menggunakan Linux.

Namun tentu saja ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengakses partisi Linux, baik ext2, ext3 maupun ext4 dari Windows yang memiliki partisi FAT32 atau NTFS. Hal ini dimungkinkan dengan menggunakan beberapa aplikasi tambahan pada Windows.

Berikut adalah beberapa aplikasi tersebut:

  • Explore2fs (akses hanya baca) – unduh.
  • Ext IFS (akses tulis dan baca) – unduh.
  • DiskInternals Linux Reader (akses hanya baca) – unduh.
  • Ext2 FSD (akses tulis dan baca) – unduh.
  • Ext2Raedunduh.

Nah, silakan menggunakan aplikasi yang mungkin Anda perlukan. Namun saya sendiri lebih suka mengakses Linux dari dalam Linux sendiri. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menuju halaman situs masing-masing aplikasi, atau membaca artikel “How to Access Linux Partitions (ext2, ext3, ext4) From Windows in Dual-Boot System?” oleh VG.

Alternatif cara lain adalah menggunakan aplikasi Dropbox pada sistem operasi yang digunakan. Jika Windows dan Linux keduanya sama-sama dipasang Dropbox, maka tinggal memindahkan berkas yang akan diakses dan ditata ke dalam map (folder) Dropbox, maka berkas yang sama bisa diakses dari kedua OS (atau lebih), bahkan bisa digunakan di komputer yang berbeda juga, termasuk pada ponsel pintar Anda jika dipasang Dropbox.

Dengan Dropbox, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari aplikasi untuk membaca partisi Linux pada Windows.

Iklan

14 pemikiran pada “Cara Mengakses Partisi Linux dari Windows

  1. jaman linux masih belum canggih dulu, sekitar tahun 2005, saya pernah nyoba akses file di linux dari windows dengan aplikasi ini, tapi sayang waktu itu tidak cukup handal

    belum nyoba yang versi baru, karena sekarang saya meletakan file yang akan dipake di windows dan linux atau mac di share drive,

    Suka

  2. iskandaria

    Saya baru tau ada aplikasi tersebut. Oya, saya sedikit bingung dengan kutipan berikut ini.

    Meng­apa, alasan­nya seder­hana, Linux lebih superior diban­dingkan Win­dows – yah itulah alasan konon sekitar 95% kom­puter di seluruh dunia meng­gunakan Linux.

    Apa sudah sebanyak itu pengguna Linux? Kayaknya terbalik deh 🙂

    Suka

    1. Mas Is – :), kita mesti mendefinisikan ulang dong makna komputer, seperti di film "3 Idiots" itu 😀 – komputer bukan hanya PC dan notebook saja kan? Hitung juga server yang melayani Google dan Facebook misalnya, atau telepon seperti Nokia Maemo, Sony Erricson atau Androids atau ponsel Cina yang banyak beredar itu, jangan lupa juga mesin cuci elektronik, televisi dan barang-barang elektronik di sekitar kita yang beroperasi secara digital (computerized) atau termasuk yang di luar angkasa seperti satelit dan Mars Rover (penjelajah Mars?). Bagaimana dengan film-film animasi Hollywood dari Disney, Pixar, DreamWorks? Kita tidak akan menduga bahwa kebanyakan film yang kita sukai ternyata dibuat dengan Linux :D.

      Nah, apa sistem operasi yang menjadi basisnya, sekitar 95%-nya adalah Linux.

      Orang hanya tidak sadar ketika menggunakan Linux, saat menggunakan Androids atau Maemo, saat berjejaring sosial di Facebook, saat berbelanja di Amazon, apa tetikusnya menggunakan Logitech, ya orang itu sedang menggunakan Linux, Linux dan Linux. Komputerisasi saat ini sangat bergantung pada Linux sebagai nyawanya :).

      Suka

        1. Ha ha…, Mas Ris, haruskah saya membongkarkan Mars Rover :D.

          Silakan cek CPanel Rismaka.Net, apa sistem operasi yang digunakan? Saat Mas Rismaka menulis di blog, Mas Ris sudah menggunakan Linux, blog ini juga ada dalam Linux :).

          Suka

        2. Nurul Imam

          Telat diskusi deh … hehehhe

          Untuk Komputer yang di pakai sebagai Komputer Pribadi Masih di dominasi dengan system Windows

          Untuk Server Linux menjadi raja dari dulu sampe sekarang.

          Dan Untuk System Mac masih kalah telak dengan semuanya, namun banyak temen temen designer saya menggunakan Mac untuk urusan designnya.

          Klo saya pribadi sih Windows buat Internetan dan denger2 lagu {yang jelas buat seneng2 aja} dulu lama pake 98 tapi sekarang udah cukup lama juga pake XP semenjak 2 tahun lalu {tapi 2 boot ama 98}

          Untuk urusan server saya dari dulu pake linux, entah buat hosting disini maupun buat perusahaan. Linux is the best dan gampang di gunakan cPanelnya. Saya pake RHEL {Fedora}.

          Wuih panjang banget nih komengnya, maaf ya ! maklum kangen udah lama ga komeng disini

          Suka

  3. rismaka

    Boljug neh mas, sekedar berjaga-jaga kalau ada berkas yang akan diambil dari partisi linux dari windows.

    Tapi sayangnya sistem operasi linux yang sudah saya pasang masih nganggur sampai sekarang, dan belum diisi berkas apapun 😀

    Suka

  4. saya suka ext2read. walau tidak seleluasa ketika kita mengakses partisi windows di linux, tapi prog ini lumayan membantu mengambil file yang ada di linux ketika kita di windows dengan aman 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.