Rilis Mozilla Firefox 5

Tampaknya Mozilla memang telah membuat peramban Firefox memasuki era “rapid release development cycle”, di mana versi-versi terbaru dirilis dengan sangat cepat dibandingkan milestone terdahulu. Setelah sukses dengan rilis Firefox 4, kini Firefox 5 dikatakan memberikan lebih dari 1.000 perbaikan & peningkatan di sisi performa, stabilitas serta keamanan.

Firefox 5 tersedia untuk versi komputer (Windows, Mac, Linux) dan ponsel (Androids, iPhone). Tentu saja dengan teknologi anti-pelacakan (do not track privacy feature) yang tersedia pada semua platform tersebut.

Mozilla Firefox 5

Peramban Mozilla Firefox juga mendukung banyak fungsi yang diperkaya melalui add-ons yang begitu banyak dikembangkan oleh komunitas. Anda mungkin akan menemukan bahwa banyak dari fungsi-fungsi ini yang akan begitu membantu.

Versi Windows, Linux dan Mac kini mendukung standar “CSS Animations” – ini bisa membantu para pengembang untuk membangun aplikasi dan situs web yang lebih memukau. Anda mungkin akan menemukan panduan/tutorial untuk hal ini melalui Mozilla Hacks (cek di sini).

Untuk memasang Firefox 5 pada komputer anda, setidaknya sistem yang diperlukan memiliki kemampuan Pentium 4 (setara), RAM 512 MB dan ruang HDD 200 MB. Dan jangan khawatir, Windows 2000 & XP masih didukung. Untuk pengguna Linux jangan lupa paket dan kepustakaan minimal yang diperlukan adalah: GTK+ 2.10, GLib 2.12, Pango 1.14, X.Org 1.0, libstdc++ 4.3, atau versi-versi yang lebih baru lagi.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang apa yang baru di Firefox 5, catatan rilis, pemasangan, masalah yang diketahui, pertanyaan yang paling sering diajukan dan lain sebagainya, silakan membaca Catatan Rilis Firefox 5.

10 tanggapan untuk “Rilis Mozilla Firefox 5

        1. Bli Wira, paling yang baru ada adalah dukungan CSS animation, tapi kalau tidak sering mengamati mana yang namanya CSS animation, kita sih tidak tahu kalau ada dukungan itu. Jadi sekilas akan tampak sama saja.

          Suka

  1. perasaan baru kemarin aja make rubah api 4 dah ada rubah api 5, dah begitu ternyata ada perbaikan 1000 kutu lebih. mangstafffff memang ni para komunitas dan pengembangnya

    Suka

    1. Mas Alief, sebenarnya kalau tidak ada perubahan yang signifikan sih nomor versi awal tidak perlu cepat bergulir, toh ada nomor-nomor seri di belakangnya yang menyesuaikan. Tidak perlu-lah Mozilla mengikuti Google dalam mengembangan Chrome :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.