Instantbird: Aplikasi Chatting Berbasis Firefox

Instantbird saat diluncurkan beberapa waktu yang lalu cukup banyak mendapatkan perhatian, walau mungkin beritanya tertelan oleh kehebohan peluncuran jejaring sosial GooglePlus (Google+) yang akan bersaing dengan Facebook. Beberapa orang menyukai menggunakan aplikasi instant/internet messaging (IM) sesuai dengan masing-masing protokolnya, misalnya pengguna Yahoo akan memakai Yahoo Messenger. Namun ada aplikasi-aplikasi yang bisa memuat dan menjalankan banyak protokol sekaligus, salah satunya adalah Pidgin yang sudah lama terkenal, di Linux kita memiliki Empathy (GNOME) dan Kopete (KDE) dengan fungsi serupa.

Nah, kali sebuah klien IM yang menggunakan Mozilla XUL runner dan tampilan grafis antarmukanya ditulis dalam GTK+ baru saja diluncurkan: Instantbird, yang bisa bekerja pada multiplatform (Linux, Windows, Mac OS X).

Aplikasi klien IM multiplatform - Instanbird

Instantbird mendukung beberapa layanan jejaring sosial seperti GTalk (Google), YM (Yahoo), Facebook, Twitter dan beberapa lainnya.

Aplikasi klien ini diunggulkan karena mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang sederhana. Menggunakan antarmuka tab, seperti pada peramban modern pada umumnya dan bukannya jendela, hal ini membuat saling berkirim pesan menjadi lebih mudah. Percakapan-pun di susun dengan balon-balon percakapan yang cantik. Selain itu dilengkapi dengan koleksi tema yang bisa diunduh jika Anda merasa tema bawaan kurang cocok dengan selera dekstop anda.

Jika Anda memiliki kontak yang memiliki beberapa akun IM sekaligus, Anda bisa menyeretnya ke dalam satu lokasi unik yang memudahkan Anda mengenali bahwa itu adalah orang yang sama. Dan jangan lupa, sebagai Firefox, Instantbird juga dilengkapi dengan kemampuan menambahkan pelbagai pengaya yang mungkin Anda perlukan.

Untuk pengguna Windows, silakan mengunduh langsung dari situs resminya. Untuk pengguna Linux, Anda bisa memasang jika terdapat dalam repositori. Semisal pada Natty Narwhal, silakan gunakan perintah berikut untuk memasangnya:

sudo apt-get install instantbird

Anda bisa membaca tinjaunnya di Linux.Com. Selamat mencoba!

Iklan

6 pemikiran pada “Instantbird: Aplikasi Chatting Berbasis Firefox

    1. Mas Ris, kalau saya sementara memilih Pidgin, tentu saja sih kesukaan personal sebenarnya, namun daripada Pidgin, di Linux saya menggunakan Empathy :).

      Suka

  1. iskandaria

    Di peramban Chrome/Chromium juga ada aplikasi serupa. Namanya eBuddy Web Messenger. Juga lumayan lengkap karena terintegrasi dengan beberapa layanan penyedia chatting. Tapi berupa jendela sih (bukan halaman penuh).

    Namun selama ini, saya lebih suka pakai Pidgin 🙂

    Suka

    1. Karena saya sering membuka tutup peramban jadinya saya memilih IM yang memang berjalan sendiri Mas Is, jadi tidak ikutan nutup kalau peramban dimulai ulang misalnya :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.