Berpuasa?

Ternyata sudah tidak seperti dulu lagi. Kemarin saya melakukan puasa, rencananya 24 jam, dan persiapan sudah dilakukan sejak seminggu sebelumnya. Tapi apa daya ternyata pada hari H hanya dapat bertahan 20 jam saja.

Kepala saya menjadi berat dan nyeri, sementara aktivitas asam lambung mengancam untuk menjadi GERD. Ah, rasanya tubuh ini sudah tidak seperti dulu.

Namun ada baiknya jika puasa berikutnya direncanakan dengan matang. Dan mungkin harus mengalokasikan dana lagi untuk jus buah, karena 2 minggu ini dana jus buah dialihkan untuk persiapan ujian. Aih.. Aih… :D.

Iklan

3 pemikiran pada “Berpuasa?

    1. Ha ha…, tidak ada sebenarnya, namun jus buah memiliki keasaman yang alami yang bisa dijadikan pertolongan pertama jika asam lambung terasa meningkat dengan cepat. Saya bahkan pernah tiga hari hanya mengonsumsi jus wortel saja, memang lemas sih, tapi tidak sampai menimbulkan keluhan di lambung.

      Jika memang memiliki masalah dengan lambung, jangan paksa diri untuk berpuasa, terutama jika pernah mengalami keluhan atau didiagnosis memiliki penyakit lambung. Akan berbahaya jika memaksakan diri.

      Yang namanya berpuasa, pastinya lambung akan berada dalam kondisi kosong, dan di sini selalu ada potensi asam lambung merusak lapisan perlindungan lambung. Kecuali diberikan obat-obatan tertentu yang menahan dan menetralkan asam lambung. Jadi perlukaan oleh asam lambung adalah salah satu risiko berpuasa.

      Jika saya merasa cukup fit, cukup sehat, saya tidak bermasalah mengambil puasa kapan saja secara acak. Namun saya selalu sediakan jus buah, seandainya asam lambung mulai membuat rasa perih yang sangat. Setidaknya dicoba dulu selama satu hari tertentu, jika lancar ya syukur, jika tidak kan ada jus buah.

      Ini adalah metode sederhana saya, dan mungkin tidak akan berlaku bagi semua orang.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.