Lingkaran Greenpeace

Sekitar seminggu yang lalu saya mendapatkan sebuah telepon dari Jakarta (jika saya tidak salah mengingat kode areanya), alhasil dari percakapan singkat itu, saya memberikan izin guna transaksi auto-debit dari rekening saya sebagai bagian dari persetujuan dan komitmen saya untuk mendukung aktivitas Greenpeace di Indonesia.

Saya mungkin memang belum berpenghasilan, tapi jika menyisihkan sedikit anggaran dan tabungan saya untuk sesuatu yang saya harapkan bisa memberikan arah perubahan pada bumi yang saya tempati, mengapa tidak? Saya tidak berharap banyak, setidaknya untuk langit biru yang masih memiliki udara bersih, dan bumi yang masih mengalirkan air yang jernih.

Anda pastinya sudah mengenal Greenpeace, dan saya tidak perlu menjelaskannya lagi. Namun jika ada yang berminat mengenal lebih banyak tentang aktivitas Greenpeace di Indonesia, silakan kunjungi situs resminya: Greenpeace Indonesia. Melalui situs resmi ini, Anda juga bisa memantau aktivitas komunitas baik lewat blog, twitter ataupun facebooknya.

Greenpeace

Setiap orang memiliki caranya untuk berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan hidup di muka bumi, dan saya percaya tidak ada satu cara yang absolut benar untuk semua orang. Satu orang mungkin akan berkata dia akan mengganti surat menyurat yang dulunya dengan kertas, sekarang dengan surat elektronik, dan dia sudah membantu menyelamatkan hutan. Orang satunya lagi mungkin akan berusaha menahan diri tidak membeli perangkat ponsel pintar terbaru, dan tetap memakai ponsel lawasnya, dan dia sudah membantu mengurangi limbah elektronik yang berbahaya bertambah lagi.

Anda pun bisa menjadi bagian dari Lingkaran Greepeace di daerah anda masing-masing, bertukar ide tentang pelestarian lingkungan, dan melakukan aksi nyata untuk membenahi apa yang layak dibenahi. Dan jika Anda memiliki dukungan moneter yang memadai, Anda dapat pendukung aktivitas Greepeace di nusantara khususnya.

Planet kecil bernama Bumi ini adalah rumah kita, apapun caranya setidaknya kita memiliki kewajiban moral dengan penuh kesadaran guna menjaga kelestarian tempat hidup kita, manusia dan juga alam yang saling mendukung. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan?

Iklan

8 Comments

  1. waaw, saya baru dengar soal ini. Memang sudah ada beberapa organisasi yg menggalang dana seperti ini ya. Tapi saya suka dengan kerendahhatian yang ada di tulisan ini: tidak ada satu cara yg absolut benar utk semua orang 😀

    Suka

    Balas

  2. saya baru mencoba untuk memulai dari diri saya sendiri bli, dan ternyata sampai sejauh ini masih sangat banyak kerusakan yang ditimbulkan oleh diri ini.

    Suka

    Balas

    1. Mas Alief, kita tidak bisa memungkiri bahwa yang paling ahli merusak lingkungan adalah manusia itu sendiri, ya itu berarti adalah diri kita sendiri 🙂 – Mengubah diri kita berarti mengubah lingkungan, dan mengubah lingkungan berarti mengubah dunia.

      Suka

      Balas

  3. wah, saya belum bisa memberi kontribusi yang cukup bagi kelestarian lingkungan, saya masih berusaha menyadarkan perilaku diri saya sendiri untuk bersikap ramah terhadap lingkungan 😀

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.