Rotasi Wallpaper Ubuntu dengan DesktopNova

Ubuntu 11.04 Natty Narwhal memang membawa sendiri sejumlah kertas dinding (wallpaper) dalam set yang dapat berotasi dengan sendirinya, namun untuk mengubah set ini mungkin akan agak sulit bagi pemula. Dan aplikasi yang lumayan banyak digunakan pada Ubuntu (Gnome dan Xfce) sejak dulu adalah DesktopNova yang merupakan wallpaper changer untuk Linux ini.

Jika Anda memiliki sejumlah gambar kertas dinding pada map (folder) tertentu di dalam komputer anda (bukan gambar daring), Anda bisa merotasinya secara bergantian dengan setelan waktu tertentu menggunakan DekstopNova. Tentu saja ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan. Aplikasi DesktopNova sangat mirip dari segi fungsi dengan Wallpaper Juggler untuk Windows.

Pelbagai setelan pada DesktopNova

Pratampil di atas adalah dari addictivetips menunjukkan pelbagai setelan yang bisa dilakukan pada DekstopNova, Anda mungkin tertarik mencobanya untuk Linux Ubuntu ataupun turunannya.

Anda bisa memasang aplikasi DekstopNova pada Ubuntu 11.04 dan dua versi di bawahnya dengan menggunakan perintah:

sudo apt-get install desktopnova desktopnova-module-gnome

Sedangkan bagi pengguna dekstop Xfce seperti Xubuntu, maka modul Xfce yang perlu dipasang dengan menggunakan perintah:

sudo apt-get install desktopnova desktopnova-module-xfce

Nah, selamat mencoba dan menikmati fitur ini pada Ubuntu anda.

11 respons untuk ‘Rotasi Wallpaper Ubuntu dengan DesktopNova

      1. saya juga baru dapet benwit lumayan cepat, satu jam kelar :mrgreen: biasanya mah ber minggu-minggu kelar. saya ganti blankon dengan nusantara ini :mrgreen:

        Suka

    1. Betul Mas, tapi kadang malas ganti sendiri, biasanya kalau lagi dipakai mengunduh berjam-jam, daripada bengong, jadi biar saja dirotasi kan sesekali melihat ke layar jadi lebih segar gitu :).

      Suka

  1. Rotasi wallpaper agaknya kurang usabel deh mas dari segi user experience. Itu pengalaman saya :p

    Di PC, wallpaper yang saya gunakan belum pernah diganti sejak instalasi pertama 🙂

    Suka

    1. Mas Ris, mungkin bukan user experience Mas, tapi user preference, saya kadang pakai kertas dinding tunggal, kadang dirotasi, tergantung suasana hati :).

      Suka

Komentar ditutup.