Beberapa Tema untuk Desktop Unity

Ubuntu Natty Narwhal dengan Desktop Unity-nya tidak memiliki terlalu banyak tema pilihan untuk mempercantik tampilannya. Saya tidak tahu, Ubuntu memiliki tema yang agak kaku dibandingkan Linux lain yang sempat saya coba, katakanlah openSUSE dan LinuxMint misalnya. Saya tidak berkata bahwa ambience yang dipilih oleh Ubuntu buruk, namun mungkin kurang mengena saja, sehingga memilih tema yang tepat agak sulit juga jika tidak tersedia banyak pilihan bagi pengguna.

Beberapa tema yang dipilih Gayan menggunakan Elementary,  jadi Anda mungkin perlu memasang tema Elementary terlebih dahulu pada Ubuntu Natty Narwhal anda.

Untuk memasang Elementary, pertama Anda perlu mengunduh tema ikon yang digunakan di sini (berkas .deb, Anda tinggal mengeksekusinya untuk memasang). Kedua, Anda perlu mengunduh paket tema Unity di sini, ekstrak di mana saja dan temukan berkas “elementary_unity.tar.gz” dalam map ekstrasi. Dan kini melalui “theme manager” di Unity, berikan jalur ke berkas tersebut.

Elementary
Tema Elementary pada Ubuntu Natty (source: Gayan)

Dengan hal tersebut, tema Elementary telah terpasang pada Desktop Ubuntu. Lalu, sekarang mari kita beralih pada Union Blue yang merupakan peralihan lain dari tema Elementary.

Union Blue memberikan kesan biru yang teduh, mereka yang menyukai biru mungkin menyukai tema ini.

Union Blue
Tema Union Blue untuk Unity (source: Gayan)

Pemasangannya sangat mudah, silakan mengunduh arsipnya dari sini dan gunakan gunakan “theme manager“, tinggal seret dan letakkan, maka selesai sudah. Selain ini tema tersebut, ada juga versi Union Electric Blue yang memberikan nuansa lebih gelap, yang berkas arsipnya bisa didapatkan dari sini dengan cara pemasangan yang sama.

Jika Anda penggemar Linux Mint, mungkin tema Minty Freshness akan cocok untuk anda yang menyukai warna hijau mint yang segar. Warnanya cukup nyaman dipandang.

Tema Minty Freshness pada Unity (source: Nanabuluku)

Untuk memasangnya, silakan mengunduh arsipnya dari sini, dan silakan mengikuti petunjuk pemasangan aslinya dari halaman pengembangnya.

Bagi mereka yang menyukai tema menyerupai tampilan Mac OS, ada dua pilihan untuk Unity: Elementary Lion 1.1 dan gekosMac.

Tema Elementary Lion pada Unity (source: DevianArt)

Untuk Elementary Lion, arsip dapat diunduh di sini,ukurannya cukup besar sekitar 8 MB, karena memuat banyak tambahan, seperti latar panel, dan tema klasik untuk desktop Gnome. Dan untuk pemasangannya, bisa dilakukan dengan cara biasanya, untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi halaman pengembang.

Untuk gekosMac, silakan mengunjungi tulisan Gayan “gekosMac (GTK Theme) – Make Ubuntu 11.04 Natty Narwhal Looks Like Mac OSX!” Penjelasannya cukup lengkap di sana.

Iklan

5 thoughts on “Beberapa Tema untuk Desktop Unity

  1. Aku gak ngerti artikel ini *iyalah, aku kan gaptek dan tidak menggunakan linux*
    Jreng…jreng semakin yakin bahwa kamu cocok jadi pemimpin blog teknologi dan kesehatan #eaaa tetep 😀

    Suka

    1. Gara-gara ke seringan pakai Unity, tiap pindah ke openSUSE selalu mengarahin kursor ke pojok kiri atas yang malah membuat menampilkan workspaces :D.

      Artinya kebiasaan menggunakan Unity benar-benar bertolak belakang dengan Gnome :lol:.

      Suka

  2. Saya sudah coba pakai Union Blue, tapi saya lebih suka memadukannya dengan tema hight contrast inverse 🙂 Soalnya saya suka tema yang gelap (biar pas online di malam hari, mata nggak mudah lelah oleh warna latar tema). Saya juga tetap lebih menyukai ikon Oxygen.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s