Memasang Shutter pada openSUSE 11.4

Shutter adalah salah satu aplikasi pengambil pelbagai pratampil layar (screenshot) yang cukup menarik yang saya temukan saat menggunakan Ubuntu, saya sempat mengulasnya pada tulisan Shutter untuk Ubuntu. Namun tentu saja Shutter juga bisa dipasang pada openSUSE dengan mudah, hanya saja karena secara native belum terintegrasi penuh layaknya Ubuntu, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Jika Anda menggunakan Tumbleweed sebagai repositori utama pada openSUSE 11.4, maka semua masalah anda bisa dianggap tidak ada. Anda bisa memilih menggunakan Tumbleweed, untuk ini silakan melihat caranya melalui “How to Upgrade openSUSE 11.4 to Tumbleweed” oleh Swerdna.

Namun jika Anda membangun repositori sendiri secara klasik seperti yang saya lakukan, maka kita perlu memastikan semua repositori yang diperlukan dipasang dengan baik.

Untuk memasang dan menjalankan Shutter pada openSUSE 11.4, setidaknya ada 2 repostori yang diperlukan terpasang:

  1. Repositories of home:swyear;
  2. Repositories of contrib/standard or factory/contrib or X11:utilities

Pertama, untuk menambahkan repositori “home:swyear“, Anda bisa menggunakan terminal dengan memasukkan perintah:

sudo zypper ar -f -n home:swyear http://download.opensuse.org/repositories/home:/swyear/openSUSE_11.4/ home:swyear

Atau tambahkan baris alamat URL repositori di atas secara manual melalui jendela YaST Software Repositories, sebagaimana yang dijelaskan di sini jika Anda lebih suka menggunakan antarmuka grafis. Jangan lupa menyegarkan (refresh) repositori yang baru ditambahkan, ini mudah dilakukan jika Anda menggunakan antarmuka grafis.

Jika repositori di atas sudah ditambahkan, maka sekarang Anda bisa memasang Shutter dengan memanfaatkan 1-Click Install dari openSUSE, jadi silakan gunakan pranala berikut:

Install Shutter via Factory:Contrib | Contrib/standard | X11:Utilities

Masing-masing pranala di atas akan langsung memasangkan repositori berikutnya yang diperlukan jika belum terpasang, dan memasang aplikasi Shutter setelahnya. Saya menyarankan menggunakan repositori dari “Contrib/Standard“.

Atau jika salah satu repostori itu sudah terpasang dan tersegarkan pada openSUSE 11.4 anda, maka cukup memasang Shutter dengan menggunakan perintah terminal:

sudo zypper in shutter

Maka aplikasi ini akan dipasang dengan otomatis oleh sistem.

Shutter pada openSUSE 11.4 (klik gambar untuk memperbesar)

Perlu diingat bahwa pemasangan aplikasi ini dengan cara yang diuraikan di atas memerlukan jaringan Internet, jadi pastikan jaringan anda tersedia dengan baik sehingga pemasangan dapat berjalan dengan lancar.

Iklan

2 Comments

  1. plugins edit for presentation udah “waras” belum yah bli? 😀 … soalnya saya dulu di lucid enggak bisa lagi menambahkan arrow dan lainhal sebagaimana dengan picpick yang keren …. 😆

    Suka

    Balas

    1. He he…, saya tidak pernah mencoba sejauh itu Mas, ini baru mau masang openSUSE lagi, mungkin pakai yang 11.4 lagi. Nanti saya tengok-tengok lagi deh.

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.