Sinkronisasi Liferea dan Google Reader

Liferea adalah pembaca pasokan RSS yang saya gunakan pada Linux, dan berfungsi sebagai alternatif Feed Daemon bagi yang sering menggunakannya di Windows. Liferea merupakan pembaca pasokan RSS yang merupakan bawaan pada sebagian besar desktop Gnome, sehingga terdapat langsung pada Ubuntu, Linux Mint atau openSUSE, IGN, Fedora yang menggunakan Gnome.

Beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk mengubah beberapa langganan via surel menjadi tipe pasokan RSS via aplikasi feed reader. Karena sejak dahulu saya menggunakan Google Reader, maka kemampuan sinkronisasi Liferea dan Google Reader adalah yang saya perlukan.

Pertama Anda menjalankan aplikasi Liferea yang sudah terpasang pada dekstop anda, rasanya semua desktop Gnome yang pernah saya coba memiliki Liferea (Linux Feed Reader) sebagai aplikasi bawaan. Beberapa distro mungkin sudah menambahkan pasokan RSS tersendiri, hal ini akan membuat Liferea terkesan agak berat untuk dijalankan pada awalnya. Saya sendiri memilih menghapus pasokan RSS bawaan yang tidak saya perlukan, sehingga hasilnya tidak terlalu berat.

Untuk melakukan sinkronisasi dengan Google Reader, klik “Subscription” lalu pilih “New Source”, dan jendela pilihan akan muncul.

Memilih sinkronisasi Google Reader pada Liferea (distro: openSUSE)

Anda tinggal memilih Google Reader sebagai sumber baru, lalu masukkan nama pengguna (alamat surel Google) dan kata sandi anda. Maka Liferea akan mulai mengunduh konten pasokan RSS dari blog-blog langganan anda. Dibandingkan dengan Feed Daemon pada Windows, Liferea sedikit lebih lambat dan lebih berat dalam melakukan sinkronisasi (untuk versi stabil yang saat ini tersedia), apalagi saat baru pertama kali digunakan.

Jika Anda mengalami masalah performa sistem operasi yang menurun saat menggunakan Liferea, maka saya tidak menyarankan untuk menggunakannya. Anda bisa memilih membaca pasokan RSS langsung dari Google Reader secara daring.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.