Sinkronisasi Password pada Peramban Opera

Selayaknya peramban modern lainnya, Opera memiliki kemampuan sinkronisasi antar platform dengan menggunakan akun Opera. Kemampuan ini pada peramban Opera tertanam pada fitur Opera Link, dan fungsinya mencakup sinkronisasi bookmarks, histories, notes, dan pada rilis Opera 11.50 yang lalu, terdapat kemampuan sinkronisasi password (sandi).

Tapi, apa pentingnya sinkronisasi ini? Sebagian orang mungkin tidak merasa memerlukannya, namun jika Anda menggunakan Opera pada multiplatform, maka mungkin Anda memerlukannya seperti saya. Misalnya saya menggunakan Opera di notebook, desktop PC dan ponsel cerdas saya. Jika saya memiliki sinkronisasi, maka ketika saya mendaftar ke sebuah situs (misalnya Twitter) via notebook dengan kata kunci yang rumit, maka saya tidak akan kesulitan mengaksesnya lagi di PC tanpa perlu mengingat kata kunci rumit itu.

Kemampuan sinkronisasi password/sandi ini akan membantu mereka yang menggunakan banyak situs/akun dengan macam-macam sandi yang berbeda-beda ataupun rumit untuk mobilitas pada lingkungan multiplatform.

Setelan Sinkronisasi pada Opera Link

Untuk mengaktifkan sistem awan Opera Link, silakan klik pada ikon awan di pojok kiri bawah peramban Opera (lihat gambar di atas), maka jendela “Opera Link Setting” akan muncul dan pilihan sinkronisasi password ada pada urutan terakhir.

Bagi saya yang bermobilitas di antara Windows dan Linux, ini sangat memudahkan kerja saya dengan peramban Opera. Anda mungkin akan menemukan ini bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.