Memperbaiki Safe Mode yang Rusak pada Windows

Beberapa waktu yang lalu seorang teman menanyakan pada saya apakah saya memiliki salinan keping instalasi Windows genuine karena Windows-nya rusak dan safe mode tidak dapat diakses. Memang safe mode pada Windows – yang bisa diakses dengan menekan F8 sebelum booting – merupakan senjata handalan dalam memperbaiki pelbagai kerusakan pada Windows, namun jika safe mode sendiri tidak dapat diakses, maka bisa pupus sudah harapan tersebut.

Safe Mode Fixer (SMFixer) adalah sebuah peranti lunak yang mampu membantu memperbaiki safe mode jika mengalami corrupt, semisal karena serangan virus. Aplikasi ini dinyatakan dapat memperbaiki kembali safe mode seperti sedia kala.

Anda cukup menekan tombol “Fix” dan aplikasi akan melakukan tugas pemulihan secara otomatis (perhatikan gambar di bawah), komputer anda akan dimulai ulang secara otomatis. Karenanya, jika Anda sedang mengerjakan sesuatu, sebaiknya disimpan terlebih dahulu sebelum memulai proses ini. Saat hendak dimulai ulang, silakan tekan tombol F8 untuk mengakses safe mode.

Menjalan SMFix pada Windows XP SP3 tervirtualisasi

Aplikasi ini tidak perlu dipasang, karena bisa berjalan dengan sendirinya. Bisa digunakan pada Windows XP, Vista dan 7. Dan lisensinya gratis untuk digunakan bagi keperluan pribadi/rumahan (home user), sedangkan untuk keperluan perusahaan atau perkantoran dipersilakan membeli lisensi yang sesuai.

Perlu diingat bahwa SMFix bekerja dengan mengakses hingga registry Windows, oleh karena itu perlu diberikan hak penuh. Beberapa aplikasi keamanan sepert antivirus dan firewall mungkin akan mencoba menahannya, sehingga disarankan untuk mematikan terlebih dahulu aplikasi keamanan pada Windows anda.

Download SMFixer | Mirror

Kerusakan safe mode sangat jarang terjadi, apalagi jika Anda menggunakan Windows genuine dengan aplikasi keamanan yang baik. Namun tidak adalah berjaga-jaga dengan aplikasi kecil ini, yang mungkin tidak akan Anda perlukan sama sekali. Saya belum sempat mencobanya karena memang tidak ada corrupted safe mode yang saya alami.

 

Iklan

7 pemikiran pada “Memperbaiki Safe Mode yang Rusak pada Windows

    1. Mas Asop, beberapa antivirus memiliki mekanisme anti-anti-pengaktivasian. Hal ini bertujuan untuk mencegah malware/virus mematikan antivirus secara diam-diam. Tapi biasanya masing-masing produk antivirus memiliki mekanisme penonaktifannya masing-masing :). Kalau di avast! misalnya, tinggal klik kanan ikonnya di taskbar lalu pilih untuk mematikannya, baik selama 10 menit, sejam atau hingga restart berikutnya sesuai keperluan.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.