Nautilus “Open in Terminal” pada Ubuntu 11.04

Ada fungsi pada openSUSE yang saya sukai sejak dulu, yaitu kemampuan Nautilus untuk membuka terminal langsung via klik kanan. Jadi kita tidak perlu lagi mencari ikon program terminal untuk diklik. Sayangnya saya tidak menemukan fitur ini tertanam sebagai bawaan pada Ubuntu 11.04 Natty Narwhal. Saya rasa ini mengurangi fungsi aksesibilitas Ubuntu, dan saya tidak tahu mengapa fitur ini tidak ditanamkan langsung pada Ubuntu.

Tentunya sistem emulasi terminal pada Gnome ini juga bisa ditambahkan pada Ubuntu. Fitur ini disebut “Nautilus Open Terminal” mungkin diberi nama demikian sesuai dengan nama paketnya, dan pada Ubuntu sudah terdapat pada paket namun tidak terpasang sebagai bawaan.

Untuk bisa memasangnya, tinggal membuka terminal dan jalankan perintah:

sudo apt-get install nautilus-open-terminal

Maka paket akan terpasang secara otomatis, kemudian jangan lupa setelah paket terpasang, Nautilus dimulai ulang, bisa dengan perintah: nautilus -q.

Membuka terminal saja di dalam Nautilus dengan fungsi "Nautilus Open Terminal"

Maka Anda sudah memiliki fungsi ini pada Ubuntu 11.04 anda, versi lawas mungkin juga akan bisa menggunakan ini. Namun mengapa kita perlu? Ya, siapa tahu ada berkas instalasi yang mesti diakses, tapi karena terletak di subfolder/map yang bertumpuk-tumpuk, mungkin daripada menulis perintah cd (change directory) yang terlalu panjang, maka satu klik akan sangat membantu dengan fitur ini.

Mungkin sebaiknya Ubuntu mengikuti jejak openSUSE untuk memaketkan distro dalam keping DVD sehingga beberapa fitur aksesibilitas tidak dipangkas untuk memuatkan sebuah distro ke dalam kepingan CD.

Iklan

17 Comments

    1. Wah, Ubuntu-nya sudah hilang Mas Rangga, jadi ndak bisa lihat deh, soalnya saya tidak pernah pakai Ctrl + Alt + T di Linux, maklum ndak hapal jalan pintas :D. Apa mungkin ada isu itu di Power User Tool-nya Gnome ya? Tapi saya tidak pernah dengar tentang itu.

      Suka

      Balas

    1. He he…, mungkin itu yang menyebabkan booting-nya lumayan cepat, semuanya dikebiri 😆 – saya baca versi 11.10 nanti bisa masuk hanya dalam 2 detik setelah boot, gila memang distro ini :D.

      Suka

      Balas

      1. Menurut saya, yang paling cepat booting-nya yaitu si Lucid Lynx. Kalau Maveric dan Natty masih agak lama. Entah kenapa.

        Suka

        Balas

        1. Saya tidak pernah mencoba Lucid lho Mas, tapi kalau teorinya kan Natty lebih cepat. Nah, kalau di lapangan sih bisa berubah, apalagi dengan setelan PPA dan kustomasinya.

          Suka

  1. ini juga menjadi andalanku bli.dulu pas make ubuntu 10.04 juga langsung install plugin ini. untungnya pas beralih ke mint, fitur ini sudah menjadi bawaan

    Suka

    Balas

  2. Wah, saya malah baru tahu. Ini solusi bagus bagi yang gak mau repot ngapalin perintah di terminal, terutama jika lokasi yang mau dioprek letaknya sangat dalam. Ntar deh dicobain. Ini saya lagi online di Windows soalnya :p

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.