Logitech Rumblepad 2 di openSUSE 11.4

Sudah lama saya mengira-ngira dan juga menduga-duga, mengapa Logitech Rumblepad 2 saya tidak berjalan dengan baik pada Linux. Padahal sejak dulu, gamepad satu ini sudah dideteksi dengan baik oleh Linux yang saya gunakan. Yah, memang tidak ada sih permainan video yang bisa banyak digerakkan dengan Rumblepad di Linux, kecuali mungkin TORCS. Namun saya tetap saja penasaran.

Stres dengan Gnome Shell membuat saya lebih sering berlama-lama di KDE Plasma, dan ini ternyata membuat saya menemukan sesuatu yang baru. Berbeda dengan saat menggunakan GNOME selama ini yang selalu mengatakan bahwa tidak ada joystick terdeteksi, maka KDE secara serta merta langsung menampilkan Rumblepad dan kalibrasinya dengan baik.

Saya ingat saat memilih Rumblepad dulu karena selain diproduksi oleh pabrikan ternama Logitech, pastinya dukungannya cukup luas. Namun selama ini saya baru mencicipinya via Windows saja.

Tampilan gamepad dari kelas "Rumblepad" oleh Logitech

Saat bergelut dengan kesederhanaan GNOME 2.32 dulu, dengan tidak dapat dideteksinya Rumblepad, maka saya menduga bahwa mungkin di KDE akan sama saja. Toh bangunan dan fondasinya sama, sama-sama Linux. Namun rupanya asumsi itu salah, KDE memang desktop yang dibangun dari untuk kenyamanan pecinta grafis, dan juga termasuk para gamer, maka tidak heran jika menemukan sebuah gamepad terdeteksi dengan baik di KDE.

Setelan Joystick pada openSUSE 11.4 Celadon

Mungkinkah KDE lebih ramah untuk memainkan permainan video dibandingkan GNOME? Saya sendiri kurang tahu, namun tidak semua pecinta game komputer di Linux memilih KDE, buktinya distro Ultimate Edition Gamers memilih menggunakan lingkungan LXDE/Openbox.

Karena saya tidak memiliki permainan video khusus terpasang di Linux yang saya gunakan, jadi saya belum dapat memberikan keterangan bagaimana kinerja Rumblepad di Linux.

Iklan

4 tanggapan untuk “Logitech Rumblepad 2 di openSUSE 11.4

  1. Mungkinkah KDE lebih ramah untuk memainkan permainan video dibandingkan GNOME?

    setahu saya masalah kompabilitas bukan masalah windows manager. tapi lebih di kernel, karena kernel kan “menggendong” semua driver 😆

    my game pad works just fine since i tried on ubuntu 9.10. generic gamepad rulz!!!! *although it only live for 2 years hahaha 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s