Mengunduh YouTube dengan Mudah pada Opera

Kini mengunduh (download) berkas video dari YouTube menjadi jauh lebih mudah dan sederhana pada peramban Opera. Masih menggunakan ekstensi SaveFrom.net Helper namun kini dengan antarmuka berpenampilan yang memudahkan penggunanya.

Saya hanya memerlukan dua-tiga klik saja untuk dapat mulai mengunduh sebuah video dari halaman utamanya di YouTube. Dan dapat melakukan pengunduhan paralel dengan tidak menganggu aktivitas berselancar di Internet, karena tampaknya pembagian lebar pitanya telah diatur dengan baik pada peramban Opera, bahkan tidak perlu sampai mengaktifkan fitur turbo sekalipun.

Yang perlu dilakukan adalah klik “download”, kemudian pilihan tipe berkas yang hendak diunduh (biasanya saya memilih MP4 atau yang memiliki resolusi terbaik, dan kemudian simpan.

Mengunduh YouTube

Semisalnya jika kita hendak mengunduh berkas tipe MP4 dengan resolusi 360p untuk video yang berdurasi sekitar 50 menit, maka berkasnya bisa mencapai 200 MB. Jika direncanakan untuk ditonton pada layar komputer, resolusi yang semakin tinggi akan semakin baik, sedangkan jika untuk dipindahkan ke telepon genggam/pintar, maka resolusi yang lebih kecil akan menjadi pilihan bijak.

Lokasi penyimpanan akan menuju lokasi penyimpanan unduhan asali yang dapat disetel melalui preferensi pada peramban Opera.

Dengan ini, kita bisa mengunduh video langsung dari halamannya dengan mudah dan tanpa perlu banyak intervensi.

Iklan

10 pemikiran pada “Mengunduh YouTube dengan Mudah pada Opera

  1. iskandaria

    Kalau di Chrome/Chromium sendiri juga ada pengaya sejenis. Cuma posisinya ada di bawah kotak video. Saya juga biasa memanfaatkannya ketika hendak mengunduh video di Youtube. Namun masalahnya, dari sejumlah pengaya yang tersedia di Chrome Web Store, ada beberapa pengaya yang sudah tidak bisa digunakan lagi (sebelumnya bisa sih). Entah karena cuma untuk versi sampai batas tertentu atau apa.

    Sejauh pengalaman saya, cuma ada satu pengaya yang benar-benar bekerja di Chrome/Chromium (untuk mengunduh vidoe Youtube), terutama untuk versi 13+. Pengaya tersebut bisa diunduh di httpxxx://www.chromeextensions.org/utilities/chrome-youtube-downloader/

    Suka

    1. Pengaya di chromium biasanya mirip-mirip dengan yang ada di firefox, pengembangnya juga sering sama, kadang saya berpikir jika pengembangannya agak telat, apa mereka keteteran ya mengikuti perkembangan di dua peramban. Apalagi chromium memang cepat sekali perkembangannya, sekarang firefox juga ikutan bergulir dengan cepat.

      Suka

  2. Saya belum install Opera di laptop saya, Mas. Kemarin habis saya format windows saya. Ternyata hampir semua browser punya fasilitas ini, ya? Boleh kapan-kapan nanti akan saya coba.

    Oh, ya Mas kalau di firefox biasanya suka berubah-ubah jadi tak bisa buat download penggayanya. Kalau di opera gimana?

    Suka

    1. Pak Joko, saya rasa semua peramban memang memiliki fasilitas serupa ini melalui ekstensi/pengayanya, hanya saja saya tidak begitu hapal jika peramban lainnya. Kalau Firefox saya rasa tidak begitu bermasalah, pilihan pengayanya yang memang banyak dan mungkin kadang membuat pengguna jadi bingung. Memang Firefox diperbarui dengan cepat saat ini, kalau pengembang pengayanya tidak mengikuti dengan sigap, maka pengaya bisa jadi tidak sesuai (compatible) dengan peramban, saya rasa semua peramban sama seperti itu :).

      Kalau di Opera juga mirip, misalnya ekstensi ini bisa digunakan dengan baik di Opera 11.51, tapi belum bekerja baik di Opera 12 yang sedang dikembangkan, jadi ya mesti menunggu pengembangnya menyesuaikan, dan berharap siap saat Opera 12 dirilis nanti. Opera sejak dulu sudah melakukan update ekstensi secara otomatis, jadi tidak perlu khawatir dengan masalah kompatibilitas.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.