Kemana Perginya Artikel Kita

Kadang saya ingin tahu, ke mana artikel di blog ini pergi, ke luar dari blog ini, baik karena dikutip, maupun karena jadi korban plagiasi. Oh, oke, katakanlah bukan artikel, karena cuma corat-coret semata. Tapi tentunya untuk mendapatkan informasi ini, saya memerlukan metode yang cukup akurat, yang kebetulan saya cukup malas untuk mempelajarinya apalagi menerapkannya.

Hingga dua minggu lalu, salah satu korporasi yang mendukung berjalannya blog ini menawarkan sebuah layanan yang berkemampuan seperti itu, sebuah tracker dan spider unik dengan menggandeng mesin SEO (optimasi mesin telusur) yang katanya mumpuni. Saya memang tidak begitu tertarik, tapi karena korporasi ini sudah banyak membantu, ya saya cicipilah sejenak.

Dalam dua minggu ini saya menerima laporan berkala per minggunya, memperlihatkan lalu lintas data dan kata kunci yang keluar masuk ke blog ini. Dan ternyata beberapa halaman di mana tulisan di blog ini disalin tempel baik dengan menyertakan tautan balik ataupun tidak juga bisa dilacak, meski saya tidak sepenuhnya yakin semuanya terlacak.

Cuplikan laporan SEO yang saya terima secara berkala

Seperti pada gambar di atas, salah satu tulisan saya telah disalin ke forum laris negeri ini (kaskus.us). Dan saya bisa menelusurinya, dan melihat bagaimana tulisan saya di salin di sana. Setidaknya saya bisa menemukan seseorang yang menyalin sesuai dengan “etika tak tertulis”, dan memberikan kunjungan balik. Meski saya tidak paham mengapa orang-orang ingin berkunjung ke situs tulisan asli meskipun sudah ada kutipan yang sama persis.

Bagi mereka yang penasaran dengan ke mana saja tulisan blog mereka pergi, layanan ini sepertinya cukup menjanjikan. Namun saya tidak berani memberikan rekomendasi, karena saya hanya baru mencobanya dalam 2 minggu, dan belum tahu apakah ada dampak negatif yang diakibatkan untuk jangka waktu tertentu, apalagi saya tidak selalu sempat mengawasi blog saya.

Namun untuk yang penasaran dengan layanan ini, silakan menengok markahnya di kode sumber halaman blog ini, jika belum saya cabut, maka lokasinya ada di bagian header.

Iklan

12 pemikiran pada “Kemana Perginya Artikel Kita

  1. iskandaria

    Saya masih meraba-raba yang mana scriptnya, soalnya ada beberapa blok JavaScript yang saya temukan pada header blog ini 😉

    Kalau urusan pencatat statistik atau tracker, saya masih mengandalkan ‘AWstats’ dan ‘Google-Analytics’. Sebelumnya malah saya tambahin ‘Histats’. Tapi sudah beberapa bulan ini saya mencopot ‘Histats’ (demi mengurangi ‘HTTP Request’ dan mempercepat waktu muat halaman).

    Suka

    1. Ha ha…, apanya yang diraba-raba Mas, kan sudah ada di sana, sebagai komponen ALT gambar :D.

      Ya, blog Mas Is sudah kencang kok, nanti kalau dipercepat lagi, saya ndak kuat ngejarnya :)).

      Suka

  2. Oh pakai Tynt juga Mas Cahya? Saya juga pakai ini di blog saya. Hanya penasaran saja ingin nyoba apa benar Tynt bisa melacak konten saya yang dicopas di internet. Dan hasilnya memang saya diberi report via email. Contohnya seperti gambar di atas itu salah satunya. 🙂

    Eh, punya saya, kok facebook yang banyak mengkopi artikelnya. 😀

    Suka

    1. Pak Joko, mungkin kebanyakan pencari inspirasi adalah orang-orang dari sekte muka buku 😀 – Tapi bagus kan, apa yang Pak Joko bagi bisa tersebar ke jejaring yang lebih luas lagi ;).

      Suka

  3. Pernah dengar, tapi sampai sekarang belum mencobanya dan belum kepikiran untuk melacak konten dari blog sendiri.

    Melacak windows yang error saja bikin kepala gundul 😉

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.