Radio Daring Solusi Ramah Mendengarkan Musik

Belakangan ini saya suka mendengarkan radio daring (online), terutama soundtrack untuk anime-anime yang selama ini saya lewatkan. Biasanya saya mesti membeli CD Audio untuk soundtrack anime, tapi harganya mahal membuat barang legal itu susah didapatkan – karena para pedagang lebih tertarik menawarkan edisi bajakannya yang murah meriah dan cepat laku.

Setelah saya tanpa sengaja menemukan beberapa radio daring yang khusus menyiarkan lagu-lagu anime, saya pun segera mengintegrasikan layanannya ke Banshee yang saya gunakan pada openSUSE dengan cukup mencari tautan/halaman daftar main (playlist) .pls mereka. Untungnya hasilnya cukup bagus.

Stasiun-stasiun radio seperti Anime Nexus, Anime Seed, Animenix dan lain-lain cukup lancar dengan streaming 128 kbps-nya. Namun karena saya tidak paham bahasanya, setidaknya saya menikmati musiknya.

Radio Daring di Banshee openSUSE Celadon

Namun untuk aplikasi yang lebih ringan di Linux bisa digunakan Radio Tray yang lebih sederhana. Sedangkan pengguna Windows bisa menggunakan Windows Media Player dengan menggunakan berkas wmp dan pengguna Mac dengan iTunes. Saya lebih memilih Banshee karena memiliki fitur rekomendasi dari Last.fm, sehingga jika ada lagu menarik, saya bisa menemukan artis dan albumnya, termasuk lagu sejenis.

Setidaknya dengan ini saya masih bisa mendengarkan musik-musik secara legal dan nyaman, meski dengan kualitas bit yang lebih rendah daripada CD Audio. Mungkin selanjutnya saya akan mencari stasiun radion dengan musik-musik oldies. Dan saya juga berpikir, apa kira-kira BlackBerry bisa mendengarkan radio daring juga ya, kan lumayan APN dari RIM ini jika tidak dimanfaatkan.

Iklan

14 pemikiran pada “Radio Daring Solusi Ramah Mendengarkan Musik

    1. Mas Asop, radio daring memang menghabiskan lebar pita bulanan, kan termasuk streaming seperti nonton YouTube juga, hanya saja pita yang dihabiskan lebih sedikit. Tergantung kualitasnya, tapi yang paling banyak ya sekitar 128 kbps, itu kan standar kompresi berkas musik seperti tipe MP3. Baiknya ya menggunakan paket internet unlimited data plan.

      Suka

  1. Melvin

    saya kurang suka mendengar radio online. karena saya berpikiran radio online akan menyedot bandwich :). buat dengerin radio, masih menggunakan radio rumah standar.

    Suka

  2. wah yang banyak benwit … 😆

    I agree! Banshee rocks the most. I’m getting used to it now 😀

    BB dari semenjak BIS merajalela orang-orang sudah pada streaming radio lagi bli 😀

    Suka

  3. Bli, semangat terus untuk menghindari pembajakan..tapi saya masih belum bisa, apalagi untuk musik.;-)
    cuma biasanya klo saya suka musik klasik dengerin radio lewat iTunes sangat mudah karena sudah dikelompok2an berdasar genre, kualitasnya juga bagus bahkan lebih bagus dari musik yang didownload gratis di internet menurut saya,
    iTunes nggak terbatas untuk Mac aja kok, di windows pun jalan normal…

    Suka

    1. Fad, ya tentu saja iTunes® bisa di Windows®, biasanya ada yang bisa diunduh satu paket dengan QuickTime®. Saya lebih suka pakai Song Bird™ jika di Windows, karena dukungan open source dan codec-nya lebih ramah menurut saya ;).

      Suka

    1. Saya sudah coba Nux Radio Pak Joko, memang seperti cukup bagus untuk radio lokal kita, kreatif sekali yang buat, tapi kalau mau denger lama-lama mesti perhatian baterai BlackBerry juga :D.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.