WordAds: Memasang Iklan di WordPress

Akhirnya WordPress merilis fitur WordAds untuk menyaingi media pengiklanan Google AdSense bagi para pemilik blog di WordPress.com. Ini akan membuat dimungkinkannya pemilik/pengguna layanan blog WordPress mendapatkan penghasilan (uang) dari tulisannya. Karena sudah sejak lama WordPress melarang pelbagai bentuk iklan pada blog para penggunanya, kecuali yang mendapatkan persetujuan dari WordPress sendiri.

Ini baru merupakan langkah awal pada WordPress untuk memberikan layanan pengiklanan bagi para narablog yang memanfaatkan blognya, dan merupakan sebuah perkenalan. Undangan untuk mengikuti WordAds bisa didapatkan di sini.

Namun jangan kaget, jika nanti blog anda yang berdomain wordpress.com tidak bisa digunakan untuk menerima undangan ini. Karena undangan hanya tersedia bagi blog yang sudah didaftarkan dengan domain terkostumasi, dan bersifat terbuka untuk publik. Sebagai contohnya adalah blog milik milik Mas Asop: Asopsitemus. Ini disebut sebagai domain mapping pada WordPress dan dikenakan biaya sekitar $17 per domain per tahunnya, dan tambahan jika mau dengan tambahan $8 untuk didaftarkan sebagai domain pribadi. Jika sudah memiliki domain, maka akan dikenakan biaya hanya $12 untuk mapping-nya.

Aslinya, domain mapping tidak bisa digunakan untuk beriklan sebagaimana yang menggunakan blog gratisan dengan subdomain pada WordPress.com. Namun dengan adanya WordAds, maka pemilik blog (narablog) dapat beriklan di WordPress.

Untuk urusan WordAds kali ini, WordPress bekerja sama dengan Federated Media Publishing, salah satu biro pengiklanan daring terkemuka.

Anda mungkin tertarik untuk mengunjungi situsnya dan melihat kategori blog apa saja yang diterima untuk beriklan sebagai publisher, sehingga Anda nantinya tidak sia-sia nantinya mengajukan aplikasi WordAds.

Semisalnya blog hanya berisi curahan hati yang dilebih-lebihkan, dengan bahasa alay, apalagi minim pengunjung, ya bisa dibayangkan ada kemungkinan besar blog tersebut akan ditolak untuk ikut serta dalam memanfaatkan WordAds. Namun jika blog tersebut membahasa kuliner, dengan bahasa Inggris yang tersusun apik, dilengkapi foto-foto cantik menu kuliner, dengan banyak pengunjung/pembaca per bulannya secara konstan, maka ada kemungkinan besar akan diterima. Apalagi WP & FM memang sudah memiliki kerja sama untuk blog-blog yang membahas Food & Drink.

Jika ditanya harus seberapa banyak pageviews per bulannya, saya juga kurang tahu. Namun setidaknya dulu WordPress pernah menargetnya blog-blog yang memiliki pageviews di atas 50.000 per bulannya. Jangan salah, karena di Federated Media pun tampaknya, blog atau situs milik para publisher (penerbit) memang memiliki pageviews puluhan ribu per bulannya, bahkan ada yang mencapai di atas 800.000.000 pageviews per bulannya.

Jadi mungkin sekali Anda akan tertarik jika telah memiliki blog yang tepat untuk bergabung ke dalam WordAds, ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi para penulis blog.

Iklan

16 Comments

  1. Kayaknya syaratnya cukup berat ya. Tetap membutuhkan modal, ya setidaknya untuk membayar proses domain mapping itu.

    Bagi saya sih sekalin saya beli domain dan sewa hosting sendiri, lalu bebas mau ikutan iklan model apa 😀

    Suka

    Balas

  2. Kabar baik, Mas. Biar iklan tidak hanya didominasi oleh Google saja. Syaratnya minimal 50 ribu pageview? Wah, syarat yang cukup berat untuk ukuran blog baru. Saya perlu waktu bertahun-tahun buat mencapai pageview setinggi itu. Pernah daftar di Innity saya ditolak karena syarat pageviewnya juga segitu minamalnya, 50 ribu pageview. 🙂

    Suka

    Balas

    1. Pak Joko, saya tidak tahu syarat minimalnya, kalau yang 50.000 page views per month itu syarat lama dari WordPress untuk mengajukan blog kita agar bisa dipasangkan iklan kerja sama, yang hasilnya dibagi 50:50 dengan pihak WordPress, itu sebelum kampanye WordAds dimulai, nah kalau untuk yang ini, saya kurang tahu, tapi ada kemungkinan sama kan.

      He he…, saya mungkin akan perlu waktu lebih lama lagi, atau lebih tepatnya saya menghindari lonjakan seperti itu. Memang tidak ada blog pemula yang bisa dapat page view sebanyak itu secara konstan, apalagi yang nulisnya bukan orang terkenal ataupun pribadi rujukan.

      Suka

      Balas

    1. Indobrad, sepertinya tidak bisa, karena ini program kerja sama untuk blog yang menggunakan host wordpress.com tapi dengan custom domain melalui domain mapping. Kalau blog self-hosted sih lebih nyaman langsung saja ke penydia program pengiklanannya :).

      Suka

      Balas

    1. He he…, selamat menggenjot Pak 😀 – masih untuk Pak Jarwadi, cuma perlu digenjot 10 kali, saya mungkin masih perlu 1.000 kali lagi, jadi langsung angkat bendera putih saja :lol:.

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.