Howl’s Moving Castle

Sekitar tujuh tahun yang lalu, ada sebuah film animasi yang luar biasa, saya rasa salah satu yang paling menggugah di eranya. Para penggemar film animasi mungkin sudah pernah menontonnya, “Howl’s Moving Castle” yang diinspirasi oleh novel dengan judul yang sama karya Diana Wynne Jones pada tahun 1986. Namun film ini sangat berbeda dengan novel aslinya, bahkan penulis novel yang tidak turut serta pun memberi kontribusi terhadap pembuatannya, mengatakan bahwa meskipun berbeda, film ini sangat luar biasa.

Howl’s Moving Castle disutradarai oleh Hayao Miyazaki, juga sebelumnya melahirkan film Spirited Away – yang juga sama populernya. Dan kemudian di-dubbing ke dalam bahasa Inggris oleh Pete Docter si perancang Monster Inc., dan Up dari Pixar serta menarik minat Walt Disney untuk menjadi distributor film ini.

Film animasi ini mengisahkan tentang Sofi (Sophie) seorang gadis pembuat topi di sebuah kota kecil. Dia terkena kutukan sedemikian hingga usianya bertambah dan menjadi seorang nenek. Meninggalkan kotanya dia justru berakhir di kastil bergerak milik Howl – sang penyihir yang terkenal suka memakan jantung para gadis muda. Tinggal di sana, dia pun melihat kehidupan yang berbeda sama sekali, dan petualangannya dimulai.

Howl's Moving Castle
Sketsa Film "Howl's Moving Castle" oleh Zerochan NET

Ketika menyaksikan film ini, saya rasa ada baiknya orang mengesampingkan semua logika. Karena film berdurasi 119 menit ini akan lebih mengisi hati dan perasaan dalam rekaan latar petualangan dan kisah romantis serta magis yang begitu menyegarkan. Ada banyak hal menarik yang bisa diambil dari film ini.

Meskipun Studio Ghibli tidak membuatnya menjadi sebuah animasi yang penuh dengan detil realitis, namun tampaknya Miyazaki mampu membuat kita bagaikan menyaksikan lukisan cat pastel yang benar-benar terasa hidup. Musik latar dan film yang apik, sehingga saya berharap bisa mendapatkan CD Audio Howl’s Moving Castle: Symphony Suite, meski rasanya itu tidak mungkin saat ini.

Cuplikan film ini bisa disaksikan di YouTube, meskipun mungkin hanya tersedia versi bisunya, karena sepertinya Studio Ghibli tidak mengizinkan audio track-nya diperdengarkan di web bebas.

Saya suka film animasi ini, karakternya, latarnya, musiknya, nuansa klasiknya, jalan ceritanya – semuanya! Setelah menyaksikannya, saya bisa setuju, mengapa banyak orang merekomendasikan film ini sebagai salah satu film animasi terbaik. To return someone’s heart that has long gone, you have had a border-less heart and compassion to find it even to end of the unknown, and return it.

Iklan

5 thoughts on “Howl’s Moving Castle

  1. Hihihihi, ini anime lumayan jadul. 😀

    Saya belum nonton seluruh bagian anime ini, hanya sebagian. Entah kenapa saya belum tertarik untuk melanjutkan. Ah, selera saya memang aneh…. 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s