Perbandingan Produk Antivirus Akhir Tahun 2011

Akhir tahun ini waktu yang cukup pas untuk membandingkan beberapa produk antivirus yang tengah beredar di pasaran. Dan seperti biasa, saya cukup melihat data yang ditawarkan oleh AV-Comparatives sebagai lembaga independen yang sudah ahli di bidang ini. Tentu saja sepertinya akhir tahun ini ada beberapa kejutan yang sepertinya tidak saya duga.

Kali ini tidak hanya avast! antivirus yang mengikutkan produk gratisnya (bukan yang berbayar) untuk diikutseratakan dalam tes performa antivirus di lab av-comparatives.org. Avira dan Panda kini juga menyertakan produk gratis mereka untuk diuji, tampaknya mereka ingin menunjukkan juga bahwa produk gratis mereka bukan hanya sekadar pajangan.

Sebagaimana sebelumnya, ESET, avast! (versi gratis) dan Symantec (Norton) masih berada dalam posisi 5 terbaik dengan penilaian yang nyaris sama/sejajar.

Penilaian Akhir Performa Produk Antivirus - Desember 2011

Mengagetkan tampaknya ada peserta baru yang cukup melejit performanya, yaitu K7 Antivirus Plus 11.1 yang disertakan di sini, nilainya sejajar dengan ESET NOD32 Antivirus 5.

Yang agak mengagetkan adalah penurunan performa Kaspersky Anti-Virus 2012, padahal biasanya Kaspersky selalu masuk top-notch dan semoga ini tidak berarti sebagai tanda kemerosotan salah satu produk antivirus ini. Micorosft Security Esential 2.1 dan Panda Cloud Antivirus Free 1.5.1 juga tidak bisa memberikan harapan baik untuk antivirus versi gratisan.

Dan yang agak mengecewakan mungkin McAfee AntiVirus Plus 2012 dan Bitdefender Antivirus Plus 2012, mereka tampaknya menjadi “kegemukan” untuk dijalankan pada sebuah komputer. Padahal McAfee banyak dipasang di produk komputer baru yang merupakan bagian dari paket pembelian komputer.

Peringkat Penghargaan untuk Produk Antivirus - Desember 2012

Jika Anda menginginkan laporan lengkapnya, bisa didapatkan pada bagian “performance test” di situs av-comparatives.org. Bagi yang ingin memperpanjang lisensi atau membeli lisensi program antivirus baru – apalagi di akhir tahun akan ada banyak diskon – mungkin laporan ini bisa menjadi pertimbangan. Dan tentunya tidak harus yang berbayar, yang gratis pun bisa menunjukkan performa yang baik bahkan hebat.

Iklan

8 thoughts on “Perbandingan Produk Antivirus Akhir Tahun 2011

  1. Wah, Avast (versi gratisnya) ternyata masih sangat recommended ya kalau begitu. Sampai saat ini pun, saya masih mempertahankannya di XP saya, walau udah jarang banget saya pakai. Sebagai antisipasi aja kalau pas colokin flashdisk yang abis dicolokin dari Windows di komputer lain 🙂

    Suka

  2. wahh, MSE reputasinya jadi ancur 😛
    memang sih kemampuan untuk merepair file cukup atau sangat bagus. tapi klo di bilang peformace, MSE lumayan berat (walaupun fiturnya miskin). apalagi klo lagi ngeheal sama ngerepair virus.

    Suka

    1. @Melvin,
      Setuju. MSE cenderung agak berat. Bukan cuma itu, ukuran file/berkas update-nya juga agak besar, padahal pengguna sudah tiap hari melakukan update database virusnya. Beda dengan Avast yang relatif lebih ringan dan ukuran file/berkas update-nya juga tidak begitu besar jika kita melakukan update setiap hari.

      Saya bisa menilai begini karena saya pernah coba menggunakan MSE di laptop saya (pada Win XP-nya) dengan menonaktifkan Avast terlebih dahulu, soalnya kalau keduanya jalan malah bentrok.

      Suka

      1. AVG juga tergolong berat. tapi nanti saya akan mencoannya 🙂
        untuk AVG, mungkin AVG tidak akan berat jika dia tidak suka mengoleksi proses. saat AVG berjalan, AVG membuat proses yang kecil dengan jumlah yang banyak. inilah yang menyebabkan startup komputer kita lambat jika menggunakan AVG.

        Suka

  3. kalo saya kenapa ya padahal pake avast, setting menyeting warnet malah pada lolos tuh si tuyul gak kena scan. udah ganti avira malah avira pangkasin system, komputer jadi blank. duh gimana nih. ampe beli cd xp terus. barangkali xp nya yg bawa virus. tapi tetep aja antivirus nya yang lebih ganas dari virus. avast malah melongo, avira maen pangkas aja. susah nih. selain mereka kaya avg dan kawan kawan cuma buat lemot doang kaya kebo….

    Suka

    1. Dani, saya tidak berpengalaman dengan sistem jaringan, karenanya mungkin saya tidak bisa banyak membantu. Setahu saya dalam jaringan ada setidaknya satu komputer server dan beberapa komputer klien, jadi sistem pengamanannya akan memerlukan sistem pengamanan server. Hal ini tidak bisa diberikan oleh avast atau AVG yang biasa, apalagi yang versi gratis – ingat kan kalau versi gratis avast ataupun AVG tidak diizinkan digunakan pada komputer yang bukan untuk home user.

      Faktor kedua adalah XP terlalu rentan untuk saat ini, apalagi jika produknya bajakan, karena tidak menutup kemungkinan sudah tertanam backdoor di dalamnya oleh peretas yang merilis edisi bajakan ini. Jika memang ingin menggunakan Windows XP, setahu saya ada kerja sama asiosiasi warnet dengan Microsoft untuk XP genuine, dengan dukungan keamanannya.

      Pun demikian, mengamankan komputer klien berbasis Windows XP masih juga problematika, XP tidak dilengkapi firewall atau-pun security suite yang bisa melindungi dari pelbagai ancaman kemanan modern yang bukan hanya virus komputer.

      Saya tidak tahu bagaimana kebanyakan warnet mengamankan sistemnya, tapi setidaknya beberapa warnet yang saya tahu memiliki sistem keamanan server, misalnya jika avast, setidaknya akan menggunakan avast! WHS. Tapi tentu saja anggaran menyediakan proteksi mumpuni untuk warnet berbasis Windows tidak akan murah, apalagi untuk usaha skala kecil.

      Kalau saya sendiri mungkin akan lebih merasa aman menggunakan warnet berbasis Linux, apalagi sekarang teknologi Linux sudah sangat baik dan ramah pengguna.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s