Mencicipi Antarmuka Facebook Kronologi

Mungkin saya memang bukan pengguna Facebook yang baik, karena jarang sekali mengaksesnya – tak lebih dari sekadar halaman formalitas. Namun ketika membaca tulisan Pak Jarwadi tentang fitur baru Facebook Timeline, saya pun jadi tertarik mencicipinya, kembali sekadar mengisi waktu di siang yang cukup menyengat di Jogja.

Fitur baru facebook timeline atau facebook kronologi adalah fitur baru yang memberikan antarmuka baru bagi pengguna jejaring sosial facebook. Saya tidak tahu mengapa Facebook memutuskan memberikannya nama “kronologi”, karena dari dulu kan Facebook juga menggunakan sistem timeline untuk menampilkan berita di dinding.

Yang berbeda saat ini hanyalah pembagian jalur kronologis menjadi dua kolom sehingga bisa mengurangi pembuangan free with space yang sia-sia.

Antarmuka Facebook Lawas

Pada antarmuka facebook yang lawas, ada banyak pembuangan white space, sehingga terkesan tidak efektif. Sepertinya kita mempunyai layar yang cukup lebar, namun kosong di banyak tempat. Apalagi bagi mereka yang mematikan munculan iklan pada jejaring sosial ini.

Antarmuka Facebook Kronologi

Sedangkan pada Facebook Kronologi, antarmuka untuk berita pada dinding dibagi ke dalam dua kolom dengan lebar seimbang (aslinya), sehingga pembuangan white space bisa diminimalkan. Apalagi dengan memuat warna biru muda sebagai pengisi ruang kosong, memberikan kesan kontras dan fokus lebih baik pada timeline yang ditampilkan.

Ada juga tambahan fitur menempatkan header image atau di sini disebut sebagai gambar sampul. Jika Anda kebetulan memiliki merk atau brand yang ingin ditampilkan, mungkin di sini bisa dimuat – semisalnya perusahaan milik anda. Namun tentu saja tidak boleh memuat gambar yang bukan hak milik anda.

Saya belum menjelajahi lebih jauh lagi antarmuka baru ini, mungkin Anda memiliki tanggapan atau kesan tersendiri?

Iklan

13 Comments

      1. saya sudah mencoba timeline 🙂
        untuk pertama penggunaan, mungkin akan pusing melihat tampilan barunya 😦
        tidak lama lagi mungkin saya bisa membiasakan tampilan baru ini 😀

        Suka

        Balas

  1. Kebetulan saya sih baru tau tadi mas dan langsung di upgrade, jadi ya belum tau lebih jauh soal FB Timeline ini 😀
    Tapi dari tampilan sih lebih keren dari yang lama 😀

    Suka

    Balas

  2. Ah, siapa bilang Jogja lagi panas menyengat siang ini. Di tempat saya hawanya sangat sejuk karena Matahari terhalang mendung. 😀

    Saya belum mengerti yang disebut Facebook Kronologi apa tampilan satu kolom kecil di pojok kanan atas yang selalu berubah berisi status teman yang baru update itu ya, Mas?

    Suka

    Balas

    1. Pak Joko, sejuknya baru malam ini karena hujan sudah turun terus dari tadi sore :D.

      Facebook kronologi/timeline adalah tampilan halaman profil pengguna yang baru, jadi ada banyak hal yang bisa diatur dan ditambahkan, seperti kita membuat halaman muka pada LinkedIn atau Friendster (dulunya). Tapi halaman lain, seperti beranda rasanya masih sama. Dan kalau yang dipojokan itu, satu bilah sisi yang berisi update dan daftar teman yang daring sih masih ada seperti biasa :).

      Suka

      Balas

  3. Mulai kemis kemarin memang facebook sudah resmi merilis facebook timeline untuk umum, sebelumnya memang khusus bagi developer… Mulai banyak aplikasi facebook untuk mempercantik profile covernya….

    Suka

    Balas

    1. Mas Dhany, kalau saya sih tidak menggunakan aplikasi di facebook terlalu banyak, saya lebih sering menolak aplikasi dengan mempertimbangkan sisi keamanannya. Sehingga ya, halaman muka facebook saya masih standar saja :).

      Suka

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.