Nokia Lumia 710–Menarik ataukah Tidak

Pagi ini saya menerima surel dari Windows Mobile Insider, menawarkan produk terbaru mereka di tahun yang baru. Sial, respons mereka cepat sekali – apa karena tahu saya baru saja memecahkan BlackBerry Odin saya. Ini adalah Nokia Lumia 710 dengan menggunakan sistem operasi Windows Mobine 7.5 – OS Mango.

Tentu saja rasanya belum beredar di Indonesia saat ini, namun apa yang membuat saya kaget adalah bandrol harganya yang berkisar $ 49.99 atau kurang dari Rp 500.000,-. Karena jika melihat 2 atau 3 tahun ke belakang, Nokia selalu mematok kisaran harga di atas tiga atau empat juta rupiah untuk produk setara ini.

Sejujurnya, menurut saya ini adalah penawaran yang menarik. Bahkan produk Android yang berada di bawah kelas ini pun masih ditawarkan dengan harga yang relatif tinggi, Samsung Galaxy Y misalnya.

The Nokia Lumia 710 with Windows Phone is designed for life on the go. Fast and durable, it’s the phone you can trust to keep up with your lifestyle. With a 3,7″ display and ClearBlack technology, it’s easy to read indoors and out. A high quality 5MP autofocus camera lets you capture the action anywhere, and the super-fast Internet Explorer Mobile web browser enables easy online sharing.

Apa yang menarik menurut saya adalah teknologi yang ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau oleh banyak kalangan masyarakat (asalkan harganya tidak melejit naik saat masuk pasar dalam negeri).

Nokia Lumia 710
Penawaran Nokia Lumia 710 dengan OS Mango

Ponsel ini kecil, nyaman di bawa ke manapun, tapi cukup besar untuk layar sentuh kapitatif 3,7 inci – 800 x 480 WVGA TFT dengan teknologi ClearBlack™.

Tenaganya didukung dengan daya dari baterai Li-Ion 1300mAH yang cukup digunakan untuk bercakap-cakap di telepon selama 7 jam atau dalam kondisi jaga selama 16,5 hari. Prosesornya menggunakan Snapdragon 1,4 GHz (Qualcomm MSM8255) yang menjalankan sistem operasi Windows Mobile 7.5 – OS Mango, dan dilengkapi memori bawaan (internal) sebesar 8 GB.

Untuk urusan multimedia, ya mungkin tidak jauh berbeda dengan ponsel-ponsel cerdas lainnya, seperti dukungan untuk: MP3, AAC, AAC+, eAAC+, WMA, MPEG-4, MPEG-1 audio Layer2 (MP2), MPEG-1 audio Layer3 (MP3), WMA 9, WMA Voice 9, WMA Lossless 9, WMA Professional 9 and 10, dan tentu saja dengan “DRM Playready” membuat kita mudah memainkan lagu yang disalin dengan mempertahankan DRM-nya.

Di sisi kamera, Nokia Lumia 710 dilengkapi dengan kamera 5 MP dengan fokus otomatis dan lampu kilat LED. Memiliki 4x pembesaran digital, dan kemampuan mereka video 720p pada kecepatan 30 fps. Sisi baiknya adalah dilengkapinya fitur anti-shaking, akan membantu para penjepret amatiran seperti saya. Mode panorama, latar, dan efek gambar bisa disesuaikan melalui setelan dari peranti lunak bawaan – setidaknya demikian menurut vendornya.

Saya tertarik dengan peramban yang dibawanya, adalah Internet Explorer® 9 Mobile dengan kemampuan melakukan render tampilan desktop. Tentu saja peramban ini mendukung CSS3, HTML5, XHTML, DOM Level 3, DOM Level 1 dan 2, serta adanya Hardware Graphics Acceleration sebagai standar mewah menikmati web masa kini.

Yang paling menggiurkan mungkin adalah konektivitas jaringan yang ditawarkannya, mampu menggunakan jaringan 4G – yang digembar-gemborkan akan segera hadir di Indonesia secara luas. Secara teori, ponsel ini akan mampu membuat Anda mengunduh dengan kecepatan puncak mencapai  14,4 Mbps (tentu saja kecepatan jaringan ISP juga menentukan). Jika tidak, maka bekal Wi-Fi WLAN IEEE802.11 b/g/n akan cukup untuk mengunduh pada kecepatan tinggi di layanan HotSpot Publik – terutama yang sudah menggunakan jaringan N.

Ponsel ini tentu saja merupakan ponsel Quad-band GSM, UMTS (Bands, I, II, IV, V), mengingat Nokia memang lebih pakar dalam mendesain ponsel GSM. Tak lupa mereka juga menempatkan GPS di dalamnya, sehingga bisa membantu kita bepergian – ini membuat saya kangen menikmati fitur GPS dan OVI Maps yang dulu sering membantu saya bereksplorasi ke wilayah yang tak dikenal, sayang BlackBerry saya tidak bisa melakukannya dengan baik.

Hanya saja belum ada yang memberikan tinjauan untuk ponsel yang baru rilis ini, jadi saya tidak bisa berkata banyak. Mungkin jika Anda sudah mencobanya, silakan memberikan kesan anda, apakah menarik atau tidak?

Iklan

12 thoughts on “Nokia Lumia 710–Menarik ataukah Tidak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s