Perang SOPA Sudah Keterlaluan

Saya sudah lama mendengar tentang “perang” menentang SOPA di Internet, terutama dari WordPress yang mengampanyekannya di mana-mana. Namun ancaman penggunaan “nuklir” yang sempat diinformasikan oleh avast! via blognya, ternyata benar-benar terjadi, dan yang pertama meluncurkannya adalah Novell yang merupakan vendor openSUSE – Asparagus Linux yang sedang saya gunakan.

Pantas saja, saya benar-benar kesulitan dengan Asparagus saya seharian ini. Rupanya openSUSE sudah meluncurkan nuklirnya lebih awal. Kesepakatan yang saya dengar dari dunia antah berantah seharusnya mereka (Wikipedia, Google, Facebook, Ebay, Yahoo!, LinkedIn, Tumblr, Mozilla, Twitter, and PayPal) akan menggunakan nuklir pada tanggal 18 nanti, yang berarti semua Internet akan padam total di seluruh dunia – meski tidak seluruhnya.

Saya hanya sedang kesal, namun saya tidak ingin terlalu repot menjelaskan apa itu SOPA. Jika ingin tahu, tulisan “Kepastian Hukum dan Kreativitas” akan menjawabnya.

Inilah yang ditulis oleh tim openSUSE yang saya temukan via @muktware:

The SAN array of the backend server server seems to have lost 3 hard disk at once now :/ That means the array is broken atm. We can not fix this before monday. Since not all binary parts of the projects are in backup it means that we will need to rebuild some of them afterwards. Sources and project configurations shall not be affected by this. It is sunshine out there, have fun 🙂

Ah, ini bencana!

Untungnya saya tidak memiliki keperluan transaksi di luar negeri, tapi blog ini mungkin akan terancam padam akibat perang SOPA, termasuk blog-blog lain yang menggunakan server di Amerika. Bayangkan saja kalau yang mesti bertransaksi via PayPal, tapi tidak bisa, karena akses padam.

Semoga tidak ada politikus usil kita yang mengadopsi SOPA ataupun sepupunya PIPA ke dalam negeri. Jangan sampai perang ini merambah ke Indonesia.

Iklan

15 tanggapan untuk “Perang SOPA Sudah Keterlaluan

    1. Perangnya sih tidak sampai ke sini, tapi efeknya bisa jadi melumpuhkan banyak usaha di dalam negeri – kalau protes masal semua perusahaan besar itu jadi dilayangkan dalam bentuk Internet Blackout :D.

      Suka

    1. Indobrad, kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia, kurang lebih maknanya “Peraturan Penghentian Pembajakan Dalam Jaringan” yang memberikan kekuasaan pada pemerintah Amerika untuk “mematikan” situs web manapun yang diduga melakukan aksi “piracy” tanpa perlu ditanyai ataupun melewati pemeriksaan dan persidangan yang adil.

      Tentu saja mainstream dari wilayah yang membenci piracy seperti para pemegang paten akan mendukung aturan ini, makanya aksi protes tidak begitu terdengar, dan mereka sebaliknya mereka yang mengusung komunitas terbuka dan pembagian informasi secara adil dan bertanggung jawab akan menentang aturan ini. Tapi ya ini, hanya sesuatu yang sedang diperdebatkan di dewan perwakilan rakyat-nya Amerika sana. Kita sebenarnya tidak perlu ambil pusing.

      Suka

  1. Ooh dah ngerti Bli.. maksudnya pemblokiran situs yang ketahuan melakukan pembajakan dalam hal apapun ya.. Yah nggak bisa lagi download2 gratis dunk nanti Bli… hahahaha

    Suka

  2. Wah, gawat kalau Youtube sampai ditutup atau diblokir. Termasuk nggak menyediakan layanan streaming video lagi. Soalnya saya salah satu fans youtube 😆 (banyak video di youtube yang saya unduh untuk jadi koleksi)…hiiks.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s