OpenSUSE Asparagus Serasa Android 4.0

Ada banyak cara mempercantik tampilan desktop Gnome 3.2 pada openSUSE 12.1 Asparagus, setidaknya dengan membekali diri menggunakan Gnome Tweak Tool, semuanya akan mudah. Saya dan Anda dapat membuat Gnome Shell memiliki tampilan seperti Ubuntu dengan Ayatana-nya, atau seperti tampilan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Dari sekian banyak cara, saya memilih untuk tidak mengutak-atik mutter yang dibawa oleh openSUSE tentunya. Alasannya sederhana, saya malas membongkar kembali markah CSS yang mengawal Gnome Shell, kecuali kalau Anda ahli dengan mengutak-atik CSS, maka dengan bersenjatakan gedit, tampilan Gnome Shell bisa disulap menjadi sesuai selera.

Saya sedikit melakukan uji coba untuk memberikan tampilan Android 4.0 pada Gnome Asparagus yang saya gunakan, ini memberikan landasan yang sama untuk mengubah tampilan Gnome 3.2 ke pelbagai bentuk tema yang kita inginkan.

Lalu yang Anda perlukan:

  • OS OpenSUSE 12.1 Asparagus (Linux lain menyesuaikan) dengan desktop Gnome 3.2 menggunakan Gnome Shell (bukan Unity/Ubuntu dan bukan juga Cinnamon/Mint).
  • Tema menggunakan GTK3 dengan mesin Adwaita (sudah terpasang, bawaan openSUSE) dan mesin Unico (jika belum ada bisa dipasang via YaST atau 1-click install di situs unduhan openSUSE). Bagi yang menggunakan GTK2, silakan menyesuaikan, Anda mungkin memerlukan mesin Murrine dan Pixbuf.
  • Gnome Tweak Tool, jika belum terpasang silakan dipasang melalui YaST atau 1-click-install. Di menu aplikasi akan ditemukan sebagai program Advance Setting.
  • Koleksi ikon Faience (utama, terang dan gelap, silakan dipasang sesuai selera – gelap lebih pas untuk yang saya coba), Anda bisa mendapatkannya melalui unduhan Deviant Art dan memasukkannya secara manual ke map ~/icon atau memasangnya dengan menggunakan 1-click-install (cara yang lebih mudah). Mungkin belum semua ikon pas, sehingga disarankan menambahkan koleksi ikon Faenza yang merupakan cikal bakal dari ikon Faience ini.
  • Tema Holo yang disediakan melalui situs Deviant Art.
  • Namun jika seluruh sisi green geeko ingin dikesampingkan dan memuat sepenuhnya tampilan Ice Cream Sandwich, maka mungkin yang pas adalah Ice Cram Sheel + Roboto Fonts + Wallpaper. Saya tidak menggunakan ini, karena sedang tidak memiliki banyak waktu untuk mencoba semua.

Setelah semua itu siap, untuk menampilkan tema baru bernuansa Android 4.0, Anda cuma perlu melakukan setelan dengan menggunakan Gnome Tweak Tool.

Melakukan setelan sederhana dengan Gnome Tweak Tool

Gambar di atas adalah setelan sederhana bagaimana saya melakukan sedikit tweak pada tema Gnome Shell dengan masih mempertahankan sedikit sisi openSUSE.

Anda tentu bebas melakukan setelan sesuai yang diinginkan, terdapat banyak panduan tentang ini di Internet. Dan tentu saja ada sejumlah pengembang yang memberikan tema, fonta dan kertas dinding yang sesuai seperti yang Anda inginkan.

Pratampil Asparagus dengan menggunakan Holo dan Faience.

Tampilan yang saya hasilkan, sederhana, hanya untuk coba-coba, namun saya suka karena terlihat lebih rapi. Mungkin nantinya saya akan mencoba lebih banyak warna gelap.

Menggunakan Linux itu menyenangkan, karena daya kostumasinya nyaris tanpa batas. Dan openSUSE adalah salah satu distribusi yang saya sukai untuk mencoba semua itu.

Iklan

10 pemikiran pada “OpenSUSE Asparagus Serasa Android 4.0

  1. iskandaria

    Cantik juga hasilnya. Btw, saya juga pernah sedikit mengubah markah CSS tema bawaan Ubuntu (ambiance). Saya nggak suka warna oranye bawaannya itu, tapi suka tampilan icon menu minimize/maximize/close-nya yang di sudut kiri atas itu 😆

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.