Berstrategi di Unknown Horizons

Melalui openSUSE Asparagus, saya mencoba sebuah permainan strategi kecil bernama “Unknown Horizons” yang sepertinya cukup menarik. Ini mengingatkan saya pada “Age of Empire” atau “Settler” pada tahun-tahun yang silam, konsepnya sederhana dan terus berkembang. Bagusnya lagi dikembangkan dengan free software, sehingga semua bisa menggunakannya dan juga ikut serta mengembangkannya.

Permainan ini berlatar era penjelajahan, di mana sekelompok pelaut menemukan pulau baru di dunia baru, dan mulai membangun kehidupannya di sana. Sedikit banyak mengingatkan saya pada pelajaran sejarah di bangku sekolah. Kompleksitasnya juga menarik, karena pemain harus cerdas dalam menyeimbangkan antara pemenuhan kebutuhan warga dan penarikan pajak.

Saya rasa ini seperti permainan strategi kolonialisasi lainnya, menuntut kemampuan pemain sebagai seorang pemimpin yang cerdas dalam mengembangkan dan mempertahankan koloninya.

Permainan strategi "Unknown Horizons".

Grafisnya masih menggunakan grafik 2D isometrik dengan mesin FIFE yang membuatnya cukup ringan untuk dijalankan, bahkan pada resolusi layar 800 x 600 titik. Tentu saja ini juga berarti tidak ada efek realistik 3D seperti pada permainan ala seri “Total War” ataupun “R.U.S.E”.

Sebagai contoh permainannya, Anda bisa melihat video “Unknown Horizons” pada YouTube. Jika terlalu mementingkan segi grafis, permainan ini sangat menarik untuk dimainkan. Namun saya sarankan untuk menggunakan layar penuh saat memainkannya.

Beberapa fitur dalam permainan video komputer ini adalah:

  • Membangun pemukiman: Membangun sebuah metropolis mekar dari awal dengan daerah pemukiman, kawasan industri, perdagangan jasa dan banyak pemandangan.
  • Pengaturan komoditas: Mengatur sumber daya Anda untuk memberi makan, memperluas dan mempertahankan kota Anda yang sedang tumbuh.
  • Diplomasi: Menghadapi pemain lain untuk menjadwalkan persyaratan perjanjian perdagangan dan pakta non-agresi.
  • Perdagangan: Bertukar sumber daya dengan pemain lain, pedagang bebas dan penduduk lokal untuk memastikan simpanan persediaan sumber daya anda cukup untuk saat-saat yang terburuk.
  • Strategi: Gunakan strategi yang cerdik untuk menyulitkan musuh-musuh anda, dan gunakan setiap kelengahan mereka untuk keuntungan anda.
  • Penjelajahan: Temukan pulau baru, jalur perdagangan baru, dan desposit sumber daya alam untuk mengembangkan kota anda.

Kelemahannya adalah, meskipun tergolong permainan kecil dengan ukuran tidak melebihi 100 MB, namun masih terdapat sejumlah kode yang tidak efesien sehingga bisa dikatakan cukup berat untuk sebuah permainan kecil. Setidaknya sebuah CPU dengan prosesor minimal 2 GHz diperlukan. Jika Anda cukup ahli dengan phyton dan C++, Anda bisa membantu pengembang untuk menjadikan permainan ini lebih baik lagi, terutama mengembangkan mesin FIFE-nya.

Permainan masih terus dalam tahap pengembangan, dan mungkin dengan lambat. Karena para pengembangnya mengerjakan ini untuk mengisi waktu luang dan sebagai hobi saja. Tentu saja setiap orang bisa ikut mengembangnya, Anda pun bisa, misalnya dengan membuat translasi bahasa, mengembangkan FIFE ataupun melakukan donasi.

Siapa tahu suatu saat nanti bisa jadi permainan yang menarik, dan mendukung bahasa lokal kita di Indonesia.

Permainan ini bukan saja hanya untuk Linux, namun juga Windows dan Mac OS, silakan diunduh masing-masing versinya pada situs resminya. Untuk openSUSE, terdapat fitur 1-click-install bagi seri 11.4, 12.1, Tumbleweed dan Factory, sehingga memasangnya sangat mudah.

Iklan

6 thoughts on “Berstrategi di Unknown Horizons

    1. Ya, karena kalau grafisnya saya tambahkan lumayan agak berat untuk menjalankan phyton-nya. Mungkin menunggu perbaikan game engine-nya dulu saja.

      Lincity sepertinya lebih familier dengan Fedora ya? Belum sih, saya ntah kenapa kok tidak betah ya dengan permainan Simulasi :|.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s