Alternatif Untuk SPSS

Dengan menggunakan openSUSE Linux, saya sering berpikir untuk menemukan sebuah alternatif bagi sebuah peranti lunak statistika bernama SPSS yang kini berada di tangan IBM. Saat ini, SPSS digunakan sebagian besar kelompok terutama civitas academica untuk melakukan kalkulasi statistika dengan cepat dan akurat, namun tidak semua lembaga pendidikan menyediakan peranti lunak ini secara mencukupi, sehingga sering kali kelompok peneliti berakhir dengan menggunakan versi bajakan dari peranti lunak ini.

Apalagi bagi pengguna Linux seperti saya, beberapa tahun lalu saat melakukan sejumlah penelitian, nyaris tidak bisa menemukan peranti lunak statistika alternatif untuk SPSS. Namun perkembangan teknologi sepertinya saat ini berkata lain, dan mungkin kita dapat menemukan beberapa alternatif tentunya.

Saya bukan ahli dalam bidang statistika, namun ada beberapa pilihan yang cukup populer yang ingin saya jajaki. Jika Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan perant-peranti lunak berikut, saya persilakan memberikan masukan dan kesannya melalui borang tanggapan.

R

Secara umum R (situs resmi) sebenarnya bukan sebuah peranti lunak yang umum kita jumpai, namun merupakan bahasa pemrograman dan lingkungan untuk komputasi grafis statistik.

R is a language and environment for statistical computing and graphics. It is a GNU project which is similar to the S language and environment which was developed at Bell Laboratories (formerly AT&T, now Lucent Technologies) by John Chambers and colleagues. R can be considered as a different implementation of S. There are some important differences, but much code written for S runs unaltered under R.

R provides a wide variety of statistical (linear and nonlinear modelling, classical statistical tests, time-series analysis, classification, clustering, …) and graphical techniques, and is highly extensible. The S language is often the vehicle of choice for research in statistical methodology, and R provides an Open Source route to participation in that activity.

One of Rs strengths is the ease with which well-designed publication-quality plots can be produced, including mathematical symbols and formulae where needed. Great care has been taken over the defaults for the minor design choices in graphics, but the user retains full control.

R is available as Free Software under the terms of the Free Software Foundations GNU General Public License in source code form. It compiles and runs on a wide variety of UNIX platforms and similar systems (including FreeBSD and Linux), Windows and MacOS.

Saya rasa, jika membaca keterangannya, R akan cukup membantu untuk melakukan penghitungan statistik.

Pengguna openSUSE dapat menambahkannya melalui 1-click-install yang sudah disediakan pada situs resminya (temukanlah cermin yang paling sesuai untuk mengunduhnya). Atau gunakan perintah berikut sebagai superuser:

zypper ar -f  http://download.opensuse.org/repositories/devel:languages:R:patched/openSUSE_11.2 R-patched

Ganti nilai 11.2 dengan seri distribusi openSUSE yang Anda gunakan. Dan selanjutnya dipasang dengan menggunakan perintah:

zypper install R-patched R-patched-devel

Ini akan memasang R dan semua dependencies-nya

PSPP

Peranti lunak PSPP (situs resmi) bisa dikatakan merupakan open source yang menyerupai SPSS, karena memang dikembangkan sebagai peranti lunak gratis yang bisa menggantikan SPSS. Karena berada di bawah pengembangan GNU.org, maka tidak perlu khawatir jika program ini akan kedaluarsa, dan tentu saja tidak diperlukan lisensi dalam menggunakannya.

PSPP

PSPP dalam tampilan sederhana menggunakan Windows Vista. Salah satu alternatif SPSS yang layak dipertimbangkan.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh PSPP adalah:

  • Mendukung lebih dari sejuta kasus
  • Mendukung lebih dari sejuta variabel
  • Berkas sintaks dan data sesuai (kompatibel) dengan SPSS
  • Pilihan menggunakan antarmuka pengguna antara terminal atau grafis
  • Pilihan format yang dihasilkan antara teks, postscripts atau html
  • Dapat bekerja sama dengan Gnumerics, OpenOffice ORG dan peranti lunak lainnya
  • Mudah melakukan impor data dari spreadsheet, berkas teks dan sumber database
  • Terdapat indeks penggunaan (tutorial)
  • Bisa digunakan pada Linux, Windows dan Mac OS

PSPP is particularly aimed at statisticians, social scientists and students requiring fast convenient analysis of sampled data.

Pengguna openSUSE dapat memasang PSPP dengan 1-click-install pada halaman download software openSUSE.

R Studio

Ini merupakan sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi yang baru dikembangkan sejak tahun lalu dengan memanfaatkan R, sehingga disebut R Studio (situs resmi).

RStudio™ is a free and open source integrated development environment (IDE) for R. You can run it on your desktop (Windows, Mac, or Linux) or even over the web using RStudio Server.

Oleh karena R Studio bisa digunakan pada server berbasis Linux, maka sangat mungkin digunakan secara masal pada lembaga pendidikan atau penelitian yang sering memerlukan penghitungan statistik.

Saat ini untuk Linux, R Studio bisa digunakan pada Debian 6+, Ubuntu 10.04+, Fedora 13+ dan openSUSE 11.4+. Sedangkan untuk Windows bisa digunakan pada XP, Vista dan 7, atau menggunakan Mac OS 10.5+.

Jangan lupa bahwa R Studio memerlukan R versi 2.11.1 atau yang lebih baru untuk dapat dijalankan. Jika belum, maka silakan memasang R terlebih dahulu.

Lain-Lain

Selain yang saya temukan di atas, ada sejumlah peranti lunak statistika gratis yang terutama berjalan pada sistem operasi Windows, misalnya OpenStats dan PAST yang pada awalnya ditujukan pada penelitian palaeontologi.

Saya tidak memiliki banyak pilihan lain, jika Anda memilikinya, silakan untuk memberikan masukan. Saya rasa menemukan peranti lunak legal yang bisa digunakan oleh banyak kalangan, apalagi bisa dikembangkan sendiri (open source) akan sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di negara ini sekaligus menghindari ketergantungan terhadap produk yang lisensinya berbayar.

Iklan

10 Comments

  1. Sudah lama tidak menggunakan aplikasi sejenis ini mas, kebetulan pekerjaan dengan aplikasi ini ada didepartemen lain.  Awalnya dulu sih pernah pake, cuman sudah lupa nama aplikasinya.   Kalau hanya dalam hitungan skala kecil, saya perhatikan teman-teman cukup menggunakan Microsoft Office Excel

    Suka

    Balas

    1. Pak Aldie, saya tidak begitu ahli menggunakan Microsoft Office Excel atau Open/Libre Office Calc untuk menghitung statistik. Kalau mau pakai itu, mesti belajar dulu sebentar :).

      Suka

      Balas

  2. Bli,, klo yang untuk snow leopard ada nggak yang gratis?? Saya butuh Bli,, soalnya rencana skripsi pake SPSS atau AMOS,, sementara nginstall windows ogah,,, hehehe

    Suka

    Balas

  3. dikerjakan dengan Libre office spreadsheet saja pak dokter, hehe. tapi susah ya, terlalu ribet kalau dikerjakan dengan Libre Office Spreadsheet.

    dulu, karena di UGM tidak punya lisensi SPSS, maka mahasiswa dalam membuat tugas akhir terkendala karena penggunaan software SPSS yang dicantumkan. Jadi dosen pembimbing memintanya mengerjakan dengan selain SPSS, akhirnya digunakanlah Excell. dengan bantuan beberapa orang pinter excell akhirnya masalah analisis statistik terpecahkan dengan excell saja. 🙂

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.