Gratis Windows 8 dan Windows Server 8 Public Preview

Microsoft sudah melakukan rilis Windows 8 dan Windows Server 8 untuk Public Preview dan dapat diunduh (download) dan digunakan secara gratis. Anda yang penasaran dengan Windows 8 kini dapat mencobanya tanpa perlu khawatir mengenai legalitasnya, karena Microsoft menyediakan juga license key untuk Windows 8 secara gratis.

Meskipun gratis, versi ini bisa digunakan cukup lama, hampir setahun, karena license key-nya berlaku hingga 15 Januari 2013. Jika Anda punya komputer dengan spesifikasi bagus dan masih menggunakan Windows XP, saya rasa berani menggantinya karena Windows XP juga akan berakhir pada waktu yang tidak jauh berbeda.

Berikut adalah pranala unduhan Windows 8 Consumer Preview dengan antarmuka berbahasa Inggris, bisa diambil resminya di:

  • Edisi 64-bit (x64): Tautan Unduh (3,3 GB)
  • Edisi 32-bit (x86): Tautan Unduh (2,5 GB)

Berkas unduhan tersebut berbentuk ISO (citra DVD), Anda perlu membakarnya ke sebuah keping DVD untuk memasangnya di komputer anda – atau dengan metode yang lebih canggih yang Anda kuasai. Saat memasang (install), Anda akan diminta memasukan product/serial key, maka gunakan-lah 2 serial berikut yang disediakan oleh Microsoft:

DNJXJ-7XBW8-2378T-X22TX-BKG7J
NF32V-Q9P3W-7DR7Y-JGWRW-JFCK8

Anda bisa melalukan upgrade ke Windows 8 Consumer Preview dari Edisi Developer Preview, Windows 7, Windows Vista dan Windows XP, namun Anda tidak akan dapat menyimpan program dan data yang telah Anda miliki sebelumnya. Karena itu jangan lupa melakukan pencadangan.

Windows 8

Selain Windows 8, Microsoft juga mengumumkan rilis consumer preview untuk Windows Server 8. Konon Windows Server 8 memiliki kemampuan untuk:

  • Membawa Anda melampaui virtualisasi
  • Membawa kemampuan banyak server ke dalam sebuah kesederhanaan
  • Membuka pintu bagi setiap aplikasi pada setiap awan
  • Menyediakan gaya kerja modern

Untuk menjalankan Windows Server 8, diperlukan sistem dengan spesifikasi minal:

  • Prosesor 64-bit 1,4 GHz
  • RAM 512 MB
  • Ruang diska tersedia 32 GB
  • Kandar DVD
  • Super VGA (800 x 600) atau resolusi yang lebih tinggi.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silakan mengunduhnya menggunakan salah satu pranala berikut:

Jika Anda memerlukan serial key, silakan gunakan seperti yang sudah disebutkan di atas untuk Windows 8.

Selain dua sistem operasi baru yang dirilis oleh Microsoft, juga ada dua peranti lunak lain dalam versi beta yang dirilis. Jika Anda tertarik silakan mengunduh Microsoft Visual Studio 11 dan .NET Framework 4.5 Beta.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin Anda perlu ketahui tentang Windows 8 Consumer Preview sebelum mencobanya:

  1. Consumer preview sama dengan beta, hanya saja Microsoft tidak ingin membingungkan konsumennya dengan istilah beta yang sering berkonotasi negatif belakangan ini.
  2. Tentu saja mungkin Anda akan mendapati bugs di dalam edisi ini, namun jauh lebih stabil daripada developer preview. Jika Anda hanya menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, berkirim surat, meramban Internet, atau bermain game komputer, Anda sudah dapat memasang Windows 8 Consumer Preview sebagai OS Utama.
  3. Jika komputer Anda bisa menjalankan Windows Vista dan Windows 7 secara nyaman, maka tidak akan ada masalah untuk menjalan Windows 8 karena keperluan sistemnya tidak berbeda.
  4. Anda bisa melakukan upgrade (peningkatan) dari versi Windows sebelumnya (XP, Vista dan 7), seandainya komputer anda sudah terpasang Windows tersebut. Anda bisa mempertahankan akun pengguna, namun akan kehilangan data/dokumen dan program yang terpasang. Jadi lakukanlah pencadangan dengan baik sebelum melakukan peningkatan.
  5. Solusi lain jika Anda mampu, adalah melakukan dual-boot dengan Windows yang sudah ada, ini akan memberikan Anda kemudahan melepas Windows 8 kapan saja dan tanpa khawatir Windows lama anda akan teranggu.
  6. Mengapa? Karena jika Anda sudah melakukan peningkatan (upgrade) ke Windows 8, maka tidak dapat diturunkan (downgrade) lagi ke Windows sebelumnya. Sehingga untuk mendapatkan Windows lama, Anda perlu melakukan pemasangan baru dari awal (clean install).
  7. Karena selalu akan diminta serial key saat pemasangan, jadi jangan lupakan menggunakan serial key yang telah disediakan di atas.
  8. Hampir semua program yang berjalan baik pada Windows 7 akan berjalan baik pada Windows 8. Jika Anda ingin melihat apa saja itu, silakan membaca daftar ini.
  9. Anda tidak akan bisa menggunakan edisi consumer preview atau public beta ini selamanya secara legal, terbatas hingga 15 Januari 2013, kecuali mungkin Anda meretasnya.
  10. Jika Anda bertanya, apakah tersedia di Indonesia, seperti-nya “YA”, jika ada pertanyaan lain, silakan baca di sesi tanya jawab.

Tertarik mencoba? Jika demikian, selamat mencoba – lumayan Windows genuine untuk satu tahun ke depan, bagi yang selama ini pakai bajakan.

Iklan

9 thoughts on “Gratis Windows 8 dan Windows Server 8 Public Preview

  1. Kendala saya mungkin pada masalah dual boot dengan Linux mas. Lagipula, saya masih gaptek untuk bisa mengakali masalah tersebut 🙂

    Suka

  2. katanya di windows 8 ini, kita harus mengucapkan selamat tinggal pada start menu
    hehe, komputer saya ngak kuat buat jalanin windows 8 yang bergrafis mewah ini (boro-boro. jalanin KDE 4.8 dan GNOME 3 udah berabeh).

    Suka

    1. Start menu masih bisa dikembalikan, kalau ndak salah Vishal Guota pernah menulis tentang hal. Namun memang, konsepnya metro ndak pakai start menu, tapi papan ketik kan masih punya tombol “Windows” :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s