Membuat Toko Online Gratis dengan Dwarapala

Saya mungkin sudah bercerita sebelumnya pada tulisan tentang “Proyek Arunametta“, bahwa sebagian sistem kerja Arunametta didukung dengan menggunakan Dwarapala. Mengapa Dwarapala? Mungkin alasannya, karena Dwarapala menyediakan sistem membuat/membangun toko daring (online) dengan mudah, serta mendukung bahasa Indonesia dan transaksi dalam rupiah.

Saya rasa banyak orang di Indonesia kini bisa merasakan manfaat Internet yang semakin menembus wilayah-wilayah pelosok, meski belum semuanya, dan meski masih sering diperoleh dengan susah payah dan harga yang tidak murah. Pemasaran produk lokal melalui jaringan yang lebih luas seperti melalui Internet, tentunya akan memberikan gairah tersendiri bagi pasar lokal dan nasional. Apalagi jika produk lokal mampu menembus pasar Intenasional melalui jalur di dunia maya.

Dan saya rasa Dwarapala memberikan kesempatan ini bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, dan pengguna Internet nusantara pada khususnya.

It is a free, tasteful, customizable, and ridiculously easy online store for everyone.  Dwarapala is dedicated to individuals and organizations alike who wants to become an online entrepreneur.  We provide you with an online store, not just another account in another marketplace.  It’s your own store.

Create your store, improve your brand, manage your orders, track your inventory, organize your products, and most importantly make your sales with us.

Dengan menggunakan Dwarapala, bahkan seorang pemula pun bisa menciptakan toko daring dengan mudah – dan benar-benar adalah tokonya, bukan sebuah ruang pasar tempat di mana semua orang bertemu dan menjajakan produknya. Ini benar-benar memberikan keekslusifan bagi seorang pedagang ataupun organisasi pedagang.

Selain mudah digunakan, Dwarapala juga memberikan kemudahan birokrasi. Anda tidak akan ditanyakan kepemilikan kartu kredit ataupun menyetujui kontrak/komitmen tertentu. Cukup hanya nama, alamat surat elektronik dan URL yang akan jadi data toko daring Anda.

Dwarapala dreams big in providing equal opportunity for development of every individual.  We want you to have the same chances to own an online store as much as anyone else.  Not capital nor skills shall hinder you from becoming an online entrepreneur. 

Worry no more about hosting, programming, and designing you store front.  We’ll do all that for you!

Para pendiri Dwarapala adalah putra bangsa sendiri, mereka bermimpi menciptakan sebuah tempat yang memberikan kesetaraan bagi setiap orang untuk memiliki kesempatan yang sama dalam memulai usahanya (berbisnis).

Starting a business is never been easy.  We saw hundreds of different potentials around.  All across geographical locations. Some are successful and others are failing.  Ironically those are the lucky ones.  There are a lot more that don’t even get the chance to try.  Their excuse is always around their capital limitations.

It is true that a brick-and-mortar store needs a lot of capital investment even to start with. But we think that is beyond all reason. We are already in a digital era.  There must be a solution to this. 

We spent months of endless nights brainstorming and shooting down ideas.  Finally arrived at one key words, that is online store.  All businesses need a store.  While a physical store is expensive and inefficient, we believe online store can be done with very little money and it can communicate to everyone, everywhere, and anytime.  The idea of Dwarapala took off from here.

We are excited to be a part of this global solution.  We believe that what we do here can be useful to individuals and organizations in starting their business.

Saya sendiri menggunakan Arunametta Dwarapala untuk mendukung toko daring Arunametta saya.

Arunametta Dwarapala
Pratampil toko daring "Arunametta Dwarapala".

Beberapa fitur/keunggulan yang disediakan secara cuma-cuma oleh Dwarapala adalah:

  • Desain halaman web yang indah namun mudah digunakan calon pembeli
  • Tema yang bisa disesuaikan dengan merek kita
  • Kemudahan mengatur produk yang ditawarkan
  • Kemudahan mengatur dan mencatat pesanan
  • Bekerja secara daring, tidak perlu lagi buku catatan dan pulpen
  • Dukungan jejaring sosial untuk promosi produk baru
  • Pemberitahuan langsung via surat elektronik saat ada pesanan baru
  • Dapat diintegrasikan dengan Google Analytics untuk memantau perkembangan lalu lintas data toko Anda
  • Menggunakan domain kita sendiri
  • Bebas gangguan, hanya kita dan toko kita – tidak ada iklan, penayangan jendela munculan dan sebagainya
  • Mendukung optimisasi mesin pencari, mendatangkan lebih banyak pengunjung
  • Bisa fokus pada bisnis, sisanya diurus oleh sistem

Ada banyak orang yang sebenarnya memiliki bakat dalam menggerakkan roda ekonomi melalui sebuah peluang bisnis yang tepat. Jika Anda tertarik mengembangkan usaha jual beli Anda ke ranah Internet, maka menggunakan Dwarapala bisa jadi merupakan salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan. Pun Anda memiliki mereka yang sedang berupaya mendirikan atau memperluas usaha bisnis mereka, Anda dapat menyarankan menggunakan Dwarapala.

Dwarapala memang berencana menyediakan layanan premium berbayar ke depannya, namun saat ini (menurut salah satu diskusi pada pusat dukungan per Januari 2012), semua layanan Dwarapala masih gratis. Ke depannya mungkin akan ada perubahan tentang layanan gratis dan berbayar, maka dari itu silakan mengecek syarat layanan yang sudah diberikan sewaktu-waktu Anda berminat menggunakan layanan ini.

Silakan kembangkan kemampuan bisnis Anda sebaik mungkin, dan gunakan setiap peluang yang ada dalam batas-batas yang tidak melewati nilai dan norma yang berlaku tentunya.

Iklan

8 pemikiran pada “Membuat Toko Online Gratis dengan Dwarapala

  1. ladeva

    Menurutku, idealnya jika sudah berani bikin toko online, penggunaan bahasa Inggris patut dipertimbangkan sebagai alternatif bahasa di website tersebut. Biar jangkauan luas, uang makin banyak yang masuk. Yum yum yum *mata ijo* 😀

    Suka

    1. Deva, sekarang hal itu tidak begitu penting. Jika sintaks (tata) bahasa Indonesia sudah digunakan dengan benar, maka program penerjemahan otomatis akan membantu sisanya. Namun ya, saya setuju idealnya demikian. Sayang, karena sumber daya yang terbatas, yah itu saja dulu :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.