Dilema Warna Karamel si 4-MEI

Disebut 4 MEI atau 4 MI yang merupakan singkatan untuk “4-methylimidazole” yang memberikan warna karamel pada banyak produk makanan dan minuman modern, contohnya adalah Coca-Cola dan Pepsi. Namun senyawa ini juga dapat terbentuk dari proses pencoklatan (warna matang) pada makanan yang mengalami reaksi maillard antara karbohidrat dan senyawa mengandung amino. Bisa juga muncul pada makanan yang dipanggang, ataupun melalui proses fermentasi.

Dan saya juga baru mengetahui bahwa 4 MEI ini juga cukup banyak digunakan pada makanan dan minuman yang berwarna karamel. Problema muncul ketika Negara Bagian Kalifornia di Amerika sana, menambahkan 4 MEI ke dalam daftar senyawa kimia yang karsinogenik – atau dengan kata lain senyawa kimia yang memiliki sifat mampu memicu keganasan (kanker).

Menoleh ke belakang, mungkin perlu dikaji kembali penelitian yang dilakukan oleh Chan PC dan kawan-kawan yang dipublikasikan pada tahun 2007/2008 lalu. Penelitian mengenai toksisitas (sifat racun) dan karsinogenitas (sifat picuan keganasan) pada 4 MEI pada tikus lab ini memberikan gambaran yang sedikit mengkhawatirkan.

4 MEI dalam jumlah (baca: dosis) besar menunjukkan efek karsinogenik. Setidaknya demikian termuat dalam rangkungman penelitian yang masih dapat diakses di PubMed tersebut. Tentu saja banyak pro dan kontra akan hasil penelitian ini, misalnya karena kadar 4 MEI yang dikonsumsi masyarakat saat ini tidak bisa dicerminkan melalui penelitian tersebut. Sehingga sepertinya tidak ada tempat lain di dunia yang mempermasalahkan paparan 4 MEI karamel pada publik selain pemerintah Kalifornia saat ini.

Meskipun pada makanan dan minuman yang beredar di pasaran pada saat ini kadar 4 MEI tidak setinggi itu. Namun perhatian terhadap masalah kesehatan tampaknya tidak dipungkiri. Per Maret ini misalnya, Coca Cola dan Pepsi mengubah proses manufaktur produk mereka, sehingga memenuhi standar yang baru pemerintah Kalifornia. Pun demikian sepertinya mereka tetap memberikan keterangan publik bahwa produk mereka tidak mengandung risiko, atau mungkin tidak karsinogenik.

Ilustrasi

Saya sendiri tidak tahu bagaimana kebijakan secara lebih luas nanti diambil untuk isu 4 MEI ini. Karena bahkan mungkin tanpa kita sadari banyak makanan tradisional kita yang mengandung senyawa ini, apalagi yang dipanggang dan difermentasikan, yah siapa tahu.

Iklan

2 pemikiran pada “Dilema Warna Karamel si 4-MEI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.