Sekilas Tentang Menopause

Sebagai bagian dari siklus alami seorang wanita, ternyata tidak sedikit yang selalu bertanya tentang “Apa itu menopause?” atau sejenisnya. Mungkin pertanyaan yang sama ingin tahunya seperti saat akil balig atau menarche tiba.

Secara mudah bisa kita katakan bahwa menopause adalah masa di mana siklus menstruasi bulanan – datang bulan) pada seorang wanita. Biasanya terjadi secara alami, dan dimulai pasca usia 45 tahun. Menopause terjadi karena indung telur (ovarium) seorang wanita berhenti mengasilkan hormon estrogen dan progresteron.

Seorang wanita (perempuan) dikatakan mencapai menopause ketika ia sudah tidak lagi mengalami siklus bulanan selama satu tahun. Namun gejala dan tanda datangnya menopause dapat dimulai beberapa tahun sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Perubahan menstruasi, masa lebih panjang atau lebih pendek, lebih ringan atau lebih berat, dengan selang waktu memendek atau memanjang.
  • Hot flashes dan/atau keringat malam.
  • Masalah tidur.
  • Kekeringan vagina.
  • Perubahan gairah.
  • Rambut berkurang pada kepala, dan bertambah pada wajah.
Menopause
Ilustrasi perubahaan hormonal saat menopause (sumber: blog "Informasi Reproduksi" oleh dr.Bambang Widjanarko, SpOG).

Tentu saja tidak semua tanda dan gejala ini bisa diterima oleh semua wanita yang memasuki masa menopause. Jika mengakibatkan gangguan pada aktivitas sehari-hari, maka terapi bantuan mungkin diperlukan.

Jika Anda bermasalah dengan menopause, silakan diskusikan dengan dokter Anda.

Iklan

5 pemikiran pada “Sekilas Tentang Menopause

  1. Nandini

    saya belum pernah menopause, tapi sering menghadapi wanita yang menopause. ternyata berhentinya siklus menstruasi berefek signifikan bagi si wanita dan agak mengagetkan orang-orang di sekitarnya 🙂

    Suka

  2. Nicamperenique

    Jika dari 6 ciri di atas, ada 1 yang dirasa cocok, apakah itu pertanda menopause???? Ada batasan usia yang umum? *mumpung konsul gratis :D*

    Suka

    1. Tidak ada batas usia umum Mbak, hanya saja dimulai pada usia 45 tahun. Cirinya memang bisa cuma muncul satu, tapi kan bertahan, bahkan sebelum menopause terjadi. Hanya saja tidak selalu salah satu ciri tersebut muncul, merupakan tanda mutlak menopause.
      He he…, ini hanya sekadar berbagi informasi, bukan konsultasi :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.