Google Akan Mengeluarkan Sistem Komentar Baru

Sedang hangat pembicaraan di Internet bahwa Google akan mengeluarkan sistem komentar baru, dan ini berarti tantangan bagi sistem komentar lainnya, seperti Disqus yang saat ini menguasai pasar sistem komentar pihak ketiga. Pun demikian, menurut rumor yang beredar, sistem komentar dari Google ini tidak serta merta ditujukan menyaingi Disqus si raja, ataupun Livefyre yang sedang naik daun.

Namun sistem komentar ini direncanakan ditanam di Google+ sehingga dapat menyaingi sistem komentar milik Facebook. Banyak situs yang menanamkan sistem komentar Facebook secara ekslusif, dan ini menaikan daya penggunaan Facebook yang berujung pada penguatan pasar Facebook sebagai jejaring sosial.

Tampaknya Google ingin merebut pasar ini, meski tentunya secara tidak langsung perang Google dan Facebook akan mengambil pasar milik penyedia layanan komentar pihak ketiga seperti Disqus, Livefyre, Intense Debate dan Echo. Dulu Echo adalah yang terbaik, namun saat mereka menetapkannya sebagai produk berbayar, mereka kehilangan banyak pengguna.

Intense Debate masih cukup bagus, jika dipasangan dengan blog bermesin WordPress. Sistem blog WordPress yang gratis itu pun memiliki sistem yang mirip seperti Intense Debate karena sama-sama dibuat oleh perusahaan yang sama – Auttomatic. Sayangnya, pengembangnya cukup lambat, bahkan dalam beberapa tahun terakhir tidak banyak ada pembaharuan.

Disqus adalah rajanya – setidaknya untuk saat ini. Integrasi baik dengan banyak jejaring sosial, dan memiliki banyak fitur yang memudahkan, termasuk mengirim balasan komentar via surat elektronik. Bisa diintegrasikan dengan banyak blog, jika Intense Debate berpasangan baik dengan WordPress, maka Disqus hampir di semua jenis mesin blog/CMS, tentunya termasuk Tumblr. Yang menyenangkan adalah, Disqus bebas spam. Hanya saja banyak yang protes bahwa Disqus membuat blog lambat dibuka. Ya, itu ada benarnya – jika kita pakai koneksi Internet gratisan, namun jika sudah membayar puluhan apalagi ratusan ribu rupiah untuk koneksi Internet tapi masih sangat lambat mengakses Disqus, pasti ada yang salah dengan ISP atau komputer Anda.

Lalu ada Livefyre, sistem komentar yang sedang naik daun. Dan ternyata penggunanya cukup banyak dan populer. Kelebihannya adalah Anda bisa menyebut (mention) teman Anda di twitter dan facebook melalui kolom komentar dengan hanya menambahkan @namateman sambil menulis komentar Anda.

Nah, sekarang saya menjadi penasaran, sistem apa yang akan dirilis oleh Google. Dan kenapa rumor berkata hanya menargetkan Google+, lalu bagaimana sistem komentar di Blogger, apakah akan dibiarkan tetap hancur?

Jika cukup bagus dan bisa dipasang di Google, saya mungkin akan memasangnya.

Iklan

4 thoughts on “Google Akan Mengeluarkan Sistem Komentar Baru

  1. nah, mungkin bagi blogger yang ngejar traffic akan menggunakan google commenting, karena pasti google akan menggunakannya sebagai input dari search engine mereka 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s