Waspadai Konten Facebook Bernada Bunuh Diri

Jejaring sosial kadang menjadi niat bagi seseorang untuk mempublikasikan keinginannya atau keputusasaannya yang menjurus pada upaya pun percobaan bunuh diri. Kecenderungan ini tampaknya masih berlanjut seperti salah satu kejadian di Taiwan beberapa waktu yang lalu, ketika korban menyampaikan niat bunuh dirinya melalui Facebook.

Jika Anda pengguna facebook, maka selayaknya Anda turut waspada untuk setiap konten yang menjurus atau bernada hendak melakukan upaya bunuh diri. Anda masih mungkin menyelematkan sebuah nyawa jika Anda bertindak nyata. Anda mungkin sama bingungnya dengan saya atau orang lainnya, namun bertindaklah daripada terlambat.

Facebook Suicide

Jika Anda menemukan indikasi upaya bunuh diri, segera laporkan kepada pihak yang berwenang seperti kepolisian.

Facebook sendiri menyediakan sejumlah bantuan indikasi bunuh diri. Anda juga bisa melaporkan konten yang memiliki indikasi bunuh diri kepada Facebook melalui halaman ini.

Mereka yang memiliki indikasi untuk melakukan bunuh diri umumnya berada dalam keadaan tertekan karena permasalahan kompleks berkaitan dengan beban hidup yang dirasakan begitu berat. Jika Anda terlatih ataupun memiliki pengetahuan untuk melakukan persuasi pada orang-orang yang memiliki tekanan mental, maka upaya persuasi akan sangat disarankan.

Pola Pikir

Orang-orang yang memiliki depresi berat mungkin berpikir akan lebih baik meninggalkan kehidupan ini begitu saja, dia mengira bahwa orang-orang di sekitarnya akan bisa baik-baik saja tanpa keberadaannya.

Melekatnya pemikiran seperti ini tidaklah benar, dan bahkan justru berbahaya, karena dapat meningkatkan probabilitas upaya bunuh diri. Inilah yang selayaknya diubah sudut pandangnya, bahwa keberadaan setiap orang itu bermakna bagi orang-orang di sekitarnya.

Jangan justru mendukung atau menjadikan lelucon tentang topik bunuh diri yang muncul di jejaring sosial, meskipun tampak seperti lelucon. Karena mungkin sikap Anda seperti itu dapat menjadi penyesalan seumur hidup nantinya.

Suicide Post

Jika Anda sendiri yang merasakan depresi dan memiliki keinginan untuk bunuh diri. Dengarkan kata-kata sahabat baik Anda yang melarang semua itu. Anda bisa memanfaatkan layanan hotline 50454, sebagai tempat menampung keluhan dan berbagi masalah tanpa mengkhawatirkan kerahasiaan identitas Anda. Kunjungi psikiater atau psikolog untuk menambatkan bantuan profesional.

Suicide only ends the (your) life, but not solves the (your) life problems.

Silakan kampanyekan kewaspadaan terhadap indikasi bunuh diri di jejaring sosial dengan cara Anda, baik dengan memanfaatkan jejaring sosial itu sendiri.

Iklan

3 tanggapan untuk “Waspadai Konten Facebook Bernada Bunuh Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s