Bagaimana Linux Dibangun

Linux sebagai bagian dari dunia open source memiliki pola pembangunan yang berbeda dengan sistem operasi proprietary seperti Windows dan Mac OS. Pembangunan Linux melibatkan ribuan orang dari pelbagai belahan dunia dengan pelbagai latar belakang. Tidak salah jika Linux ada di banyak tempat, dan hampir setiap orang dengan teknologi digital di seluruh dunia saat ini menggunakan atau memanfaatkan Linux, dengan ataupun tanpa mereka sadari.

Di tahun 2012 ini sendiri saya melihat ada banyak perubahan yang menarik di dunia Linux yang tampak menggairahkan. Android semakin menguasai pasar ponsel cerdas dan tablet komputer, jauh di atas Windows Phone. Perubahan dan pembaruan kernel yang cepat. Semakin cantiknya tampilan KDE, demikian juga inovasi menuju GNOME 4 di saat ada banyak cabang kini yang memperkuat versi 3-nya. Ubuntu pun tak ketinggalan memperkenalkan HUD yang akan menjadi tonggak perubahan antarmuka grafis kuno untuk antarmuka menu jendela yang dibawa sejak era Apple dulu.

Lalu apakah Anda penasaran bagaimana Linux dibangun?

Video di atas adalah penjelasan singkat bagaimana Linux dibangun dan dikembangkan. Setiap tahun saya memasang Linux baru, melihat tampilan baru, dan menemukan banyak fitur dan penyegaran baru yang begitu menarik.

Jika ada yang memasang baru sistem operasi Windowsnya setiap tahun atau beberapa bulan sekali karena rusak, lambat, atau terkena virus. Maka Linux saya bongkar setiap tahun, karena selalu ada harta karun menarik untuk ditemukan.

Terima kasih pada komunitas raksasa dan para pengembang yang selalu melakukan inovasi. Anda salah satu peminat Linux? Maka bergabunglah bersama kami di The Linux Foundation.

Iklan

2 thoughts on “Bagaimana Linux Dibangun

  1. ini memang masa depan pak… source code semua gratis dan tinggal dilihat via internet… opensource akan menjadi hal yang luar biasa… hanya saja promotionnya kurang sehingga banyak yang tidak tahu terutama corporate.. 

    Suka

    1. He he…, korporasi bukannya tidak tahu, mungkin mereka malas mencari tahu. Ataupun jika tahu, mereka lebih tertarik berinvestasi di proprietary software :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s