openSUSE Multimedia – Linux untuk Sekolah Tanpa Internet

Pernahkah Anda membayangkan membawa keping CD/DVD instalasi distro Linux ke daerah terpencil tanpa jangkauan koneksi Internet untuk dipasang pada sebuah komputer, baik untuk lembaga ataupun sekolah sehingga bisa digunakan untuk aktivitasnya secara baik. Namun setelah memasang ternyata ada sejumlah fitur yang tidak tersedia, dan perlu diunduh dari Internet, sungguh sayang kan.

Nah, terinspirasi dari pengalamannya di area terpencil Mas Saydul Akram melahirkan openSUSE Multimedia, sebuah distribusi Linux siap pakai bagi siswa dan guru di daerah-daerah terpencil, sekolah yang sama sekali tidak terjangkau oleh kenyamanan Internet. Ini bisa dikatakan distro openSUSE out of the box untuk dunia pendidikan.

OpenSUSE Multimedia, dinamakan demikian karena mendukung format terbatas yang sebelumnya tidak ada pada asali openSUSE Asparagus yang menjadi dasar/kerangka bagi distro ini. Jadi jika siswa perlu peragaan multimedia (termasuk flash), maka tidak akan kesulitan lagi karena sudah ada di dalamnya.

openSUSE Multimedia
Pratampil openSUSE Multimedia melalui kandaruji daring pada situs resmi SUSE Studio. Tampak tampilan munduran GNOME 3.

OpenSUSE Multimedia menggunakan sistem 32-bit, sebagaimana hampir semua komputer di sekolah wilayah terpencil kita menggunakannya. Dan sistemnya sudah diperbarui hingga edisi terkini saat diterbitkan.

Menggunakan Dekstop GNOME 3 dengan kemudahan Cinnamon, maka distro ini bisa menjadi sebuah alternatif baik sebuah sistem operasi di sekolah terpencil yang tidak memiliki koneksi daring, dan hanya mengandalkan data dan bahan ajar yang diperoleh secara luring.

Jika Anda tertarik untuk mengunduhnya ataupun melakukan kandaruji daring, silakan menuju situs resmi SUSE Studio di: http://susestudio.com/a/haHwG8/opensuse-multimedia.

Iklan

2 tanggapan untuk “openSUSE Multimedia – Linux untuk Sekolah Tanpa Internet

    1. Silakan Mas, tapi mungkin isinya ndak akan berbeda dengan Linux yang ada dan diperbarui via Internet. Hanya saja Cinnamon-nya itu yang membuatnya menarik :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s