Ubuntu Phone OS

Memang sudah menjadi banyak perbincangan bahwa Canonical sedang menjajaki kemungkinan peluncuran ponsel cerdas yang berbasis Ubuntu, dan jika terealisasi mungkin akan menjadi peluncuran ponsel berbasis Linux ter-wah kedua setelah Google meluncurkan Android. Pun demikian saya kurang tahu bagaimana perkembangannya nanti, apalagi dengan rencana bahwa Ubuntu di masa depan sudah dipersiapkan mendukung Android sepenuhnya, yang berarti dengan menggunakan Ubuntu yang dihubungkan ke perangkat Android, seseorang bisa menerima pesan teks dan menelepon secara bersamaan.

Bisa jadi Ubuntu Phone OS akan bersaing dengan Android OS di masa depan jika keduanya keluar. Apalagi dua-duanya memiliki sisi yang saling ekstrem berseberangan, dengan melihat sejarahnya.

Ubuntu tangguh dengan dekstop Linux berbasis Gnome-nya, apalagi setelah melepas Kubuntu, kini dukungan penuh bisa diberikan Canonical pada Ubuntu saja. Namun Ubuntu belum pernah secara resmi memberikan sistem operasi digunakan secara masal pada sebuah ponsel cerdas, hanya pada sejumlah tablet dan yang memang diujicobakan.

Sementara Google selalu terpuruk tampaknya ketika mencoba menggarap Google Chrome OS, meski saya tidak bisa menolah bahwa tampilan Google Chrome OS saat ini sudah begitu memikat untuk sebuah komputer. Namun, meski tidak populer di sisi dekstop, Android yang dihasilkan Google sudah merajai pangsa pasar ponsel cerdas saat ini.

Jadi Ubuntu memiliki dekstop namun tidak ponsel cerdas, Google Android memiliki ponsel cerdas, namun bukan desktop. Ketika Google bergerak membangkitkan Google Chrome OS, maka Ubuntu bergerak mewujudkan Ubuntu Phone OS.

Ubuntu for Smartphone
Pratampil desain Ubuntu Phone OS | Devian Art.

Ini akan menjadi pertempuran lain di ranah dunia teknologi, antara beberapa perusahaan seperti:

  • Microsoft: Windows (PC) dan Windows Phone (ponsel cerdas);
  • Apple: Mac OS (PC) dan iOS (ponsel cerdas iPhone dan tablet iPad);
  • Google: Chrome OS (PC) dan Android (ponsel cerdas dan tablet PC);
  • Canonical: Ubuntu (PC dan tablet PC) dan Ubuntu Phone (ponsel cerdas);

Ini akan menjadi pertempuran menarik, dua perusahaan pengusung peranti lunak tertutup (proprietary) dan dua perusahaan pengusung peranti lunak terbuka (open source) akan menawarkan persaingan yang seru.

Ubuntu memiliki pengguna Linux terbesar saat ini di seluruh dunia dari sisi popularitas, pengguna-pengguna ini juga yang berperan dalam mendongkrak popularitas Android sebagai sistem operasi berbasis Linux. Tentunya kehadiran Ubuntu Phone OS mungkin akan menarik minat mereka. dan siap membantu mempopulerkannya saat diluncurkan.

Ubuntu Mobile

Kalau saya sendiri mungkin tidak begitu tertarik, saya menyentuh Ubuntu dan si kadal hijau setiap hari. My days is already geeko-ing, jadi ya biasa-biasa saja sih.

Iklan

10 tanggapan untuk “Ubuntu Phone OS

  1. bener mas.. ke depannya pasti pada rebutan pelanggan.. Mikocok keliatannya masih menguasai di OS komputer tapi lainnya udah kalah.. 
    andaikan smua gak mau pake windows lagi pasti mikocok jg gratisss

    Suka

  2. bener mas.. ke depannya pasti pada rebutan pelanggan.. Mikocok keliatannya masih menguasai di OS komputer tapi lainnya udah kalah.. 
    andaikan smua gak mau pake windows lagi pasti mikocok jg gratisss

    Suka

  3. bener mas.. ke depannya pasti pada rebutan pelanggan.. Mikocok keliatannya masih menguasai di OS komputer tapi lainnya udah kalah.. 
    andaikan smua gak mau pake windows lagi pasti mikocok jg gratisss

    Suka

  4. ini beda ya sama ubuntu for android ?
    mungkin lakunya penggunaan kernel linux untuk membuat os smartphone yang canggih (sekarang pun canonical juga ikut ikutan) membuktikan bahwah linux bukan sekedar sebuah os komputer berlayar hitam yang mengerikan. tapi juga os komputer (bahkan tablet dan smartphone) bertampilan grafis yang mewah. walaupun saya sudah lama tidak menggunakan linux (karena kayaknya agak susah cari linux yang pas buat saya dan komputer saya). tetapi saya pun juga masih melihat lihat perkembangan linux.

    Suka

    1. Melvin, kalau saya tidak salah tangkap, Ubuntu for Android adalah proyek Ubuntu yang akan menjadi distro pertama yang mendukung Android sepenuhnya. Jadi dengan menghubungkan perangkat Android ke Ubuntu, kita bisa menggunakan Ubuntu untuk berkomunikasi selayaknya melalui perangkat Android – CMIIW.

      Kalau masalah dukungan peranti keras, malah saya rasa Linux mendukung lebih banyak dibandingkan Windows, termasuk untuk komputer lawas. Hanya mesti dicari yang pas yang mana :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s