Masalah Modem USB pada Ubuntu 12.04 LTS

Pasca rilis Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin, saya pun melakukan peningkatan distro ini pada notebook Acer TM 6293 saya dari sebelumnya versi 11.10 Oneiric Ocelot. Tidak ada masalah selama proses peningkatan untuk versi 32-bit ini, meski saya juga menjumpai laporan masalah untuk versi 64-bit. Tampilan yang tidak berbeda jauh, dan Unity yang sudah lebih baik, saya rasa menjadi sentuhan tersendiri pada distro baru ini.

Bagi mereka yang menginginkan versi stabil, maka Ubuntu 12.04 LTS secara teori akan memberikan pemenuhan ini – karena dukungannya yang cukup panjang selama 5 tahun. Meski mungkin tidak sepanjang dukungan Tumbleweed yang dimiliki openSUSE, tapi layak untuk dicoba. Permasalahannya adalah, Ubuntu terbaru ini memiliki kegagalan dalam mendukung Modem USB dengan baik.

Saya tidak tahu dengan pengguna lain, namun saya menemukan modem USB SU 7300U CDMA (Smartfren) tidak bisa dideteksi langsung pada Ubuntu 12.04 LTS ini. Padahal pada versi sebelumnya tidak masalah, dan pada distro lain-pun seingat saya cukup aman.

Pratampil saat upgrade Ubuntu 11.10 ke 12.04

Dan ini membuat saya benar-benar tidak bisa berbuat banyak. Kegagalan pengenalan peranti keras oleh sebuah sistem operasi karena pengandar yang tidak baik berarti ketidaknyamanan bagi pengguna yang menyukai sistem antarmuka grafis seperti saya. Untungnya notebook masih dual-boot dengan Windows Vista, sehingga tidak semua kegiatan terhenti. Apalagi banyak program/aplikasi hilang pasca peningkatan, ini benar-benar menyusahkan.

Jadi bagi Anda yang sudah nyaman dengan Ubuntu 11.10 dan pengguna Modem USB, serta tidak begitu memerlukan fitur baru pada Ubuntu 12.04 – saya tidak sarankan melakukan peningkatan ke versi 12.04 ini.

Namun bagi Anda yang sudah terlanjur melakukan peningkatan, maka masalah pengenalan modem USB bisa diakali melalui perintah di jendela terminal. Ini akan membantu mereka yang tidak begitu familier dengan perintah Linux, sebagaimana saya juga.

Langkah ini pertama akan menentukan bagaimana modem dikenali oleh sistem operasi, dan kemudian menambahkan loadable kernel module (LKM) dengan menggunakan modprobe.

Bukalah jendela terminal di Ubuntu 12.04 – pengguna Unity bisa menggunakan gabungan tombol “Super” dan mengetik “terminal” untuk menemukan aplikasi ini.

Lalu ketik:

lsusb

Dan hasilnya bisa tampak seperti berikut (ini bukan dari notebook Ubuntu 12.04 namun dari PC openSUSE 12.1):

Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub
Bus 002 Device 002: ID 0a12:0001 Cambridge Silicon Radio, Ltd Bluetooth Dongle (HCI mode)
Bus 003 Device 002: ID 09da:9090 A4 Tech Co., Ltd XL-750BK Laser Mouse
Bus 003 Device 003: ID 046d:c218 Logitech, Inc. Logitech RumblePad 2 USB
Bus 005 Device 005: ID 1c9e:9e00

Dari sana kita dapat tahu bahwa USB Modem memiliki ID 1c9e:9e00; pada Ubuntu 12.04 yang tercolok modem SU 7300U CDMA mungkin akan tampak ID 1c9e:9e00 OMEGA TECHNOLOGY.

Lalu pada terminal yang sama, ketik kembali perintah modprobe dengan menggunakan kuasa super user:

sudo modprobe usbserial vendor=0x1c9e product=0x9e00

Ketika kata sandi (password) jika diminta pada jendela terminal, dan tunggu beberapa saat. Periksa network manager applet setelah beberapa saat (menit), di sana akan tampak pilihan menambahkan “new mobile broadband cdma” atau sejenisnya (saya lupa), jika modemnya GSM maka jaringan untuk GSM akan diinformasikan.

Penambahan koneksi baru bisa dilakukan di sini. Jika tidak berhasil, lepaskan modem, kaitkan kembali dan ulangi perintah modprobe di atas. Saya sendiri tidak yakin ini bisa selalu berhasil, dan mungkin diperlukan lagi seandainya sistem dimulai ulang.

Ubuntu mungkin akan segera melakukan perbaikan pada masalah ini, sementara Anda mungkin memerlukan koneksi lain seperti kabel (LAN, Firewire) ataupun nirkabel (Wifi, Wimax) untuk melakukan koneksi ke Internet dan melakukan pembaruan yang tersedia. Saya belum memeriksa, apakah koneksi melalui porta PCMCIA bisa dilakukan atau tidak. Jika Anda memiliki solusi lain, silakan disampaikan di sini.

Iklan

8 pemikiran pada “Masalah Modem USB pada Ubuntu 12.04 LTS

  1. Agung Haryono

    ‘Perasaan’ kok sekarang malah terbalik ya? Dulu biasanya yang bermasalah mengenai pengenalan hardware oleh OS linux adalah WiFi sehingga ada rujukan ‘silakan hubungkan komputer Anda via LAN atau pakai modem USB kemudian update driver wireless-nya’. — Ah, saya sudah jarang maianan Linux lagi kali ya, hehehe…..

    Suka

  2. Sugeng

    Siipp…. saya bisa langsung praktek Dok. Dari kemarin saya nyari terminal nya tapoi gak ketemu2. Baru dengan tombol super denga “ter” langsung keluar aplikasi terminalnya 😀
    Selanjutnya saya akan mencoba dengan vwdial dulu 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Suka

  3. Endi

    Hal ini biasanya karena modem usb lebih dulu dikenali sebagai storage ketimbang modem mas, jadinya mesti di eject terlebih dahulu (entah sr0 atau sr1).

    Suka

    1. Ya, kemungkinan itu ada. Tapi modul untuk mengatasi hal ini selayaknya sudah terpasang jika GUI network manager adalah pilihan utama yang dibawa oleh Unity :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.