GeoGebra – Belajar Matematika di Komputer

Mereka yang sedang memerlukan peranti lunak (software) untuk belajar ataupun mengajar Matematika melalui komputer, maka GeoGebra bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang baik. Peranti lunak ini sudah dianugerahi sejumlah penghargaan di Eropa dan juga Amerika.

Selain gratis, namun juga bisa digunakan di pelbagai platform secara dinamis. Memuat materi pendidikan untuk aljabar, geometri, kalkulus, statistik termasuk tabel, dan grafik dalam sebuah paket tunggal yang mudah digunakan. Jika Anda orang tua atau guru les privat, GeoGebra bisa dijadikan bahan pengajaran yang baik untuk anak dan anak didik.

Materi yang dimuat tidak hanya ditujukan bagi siswa sekolah saja, namun juga hingga tingkat universitas. Jadi bisa dimanfaatkan oleh siswa SD hingga mahasiswa perguruan tinggi.

Berikut adalah video ringan (dalam bahasa Inggris) tentang aplikasi sederhana GeoGebra:

GeoGebra bisa digunakan di sistem operasi Windows, Linux (CentOS, Debian, Fedora, Mandriva, openSUSE, RedHat, Ubuntu)/ Unix, Mac OS X dan XO (dari program one laptop per child).

Pengguna openSUSE bisa memasangnya dengan mudah menggunakan perintah:

sudo zypper install geogebra

Atau memasang melalui aplikasi Install/Remove Software dengan memastikan repositori “Education” sudah ada dan tersegarkan di dalam sistem. Jika Anda tidak yakin repositori ada, maka bisa memasang dengan menggunakan fasilitas 1-click-install yang ada di Software Package: Geogebra.

Jika Anda menggunakan sistem operasi lainnya, GeoGebra bisa dipasang juga melalui offline installer yang bisa ditemukan pada situs resminya. Para siswa mungkin akan menemukan cara menyenangkan mengerjakan pekerjaan rumah mereka dengan peranti lunak edukasi ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s