Ubuntu dan EA Games Berjabat Tangan

Tampaknya perkembangan Ubuntu sebagai distro Linux yang eksklusif semakin tidak terbendung. Selain menargetkan pasar komputer pribadi (PC) 5% di tahun mendatang, Ubuntu juga mulai menyediakan hiburan yang lebih lengkap melalui televisi daring – dan kini menggandeng EA Games, salah satu produsen permainan video terbesar bagi PC dan konsol permainan lainnya.

EA Games meletakkan dua permainan video gratis sebagai awal kerja sama ini dengan Ubuntu yang bisa diakses di Ubuntu Software Center untuk memasangnya dan memainkannya di Ubuntu.

Dua permainan itu adalah Lord of Ultima – salah satu RPG yang terpanjang yang pernah dibuat dalam pelbagai versi dan seri. Satunya lagi adalah Comand and Conquer: Tiberium Alliances yang merupakan permainan strategi MMO dengan berbasis HTML 5.

Lord of Ultima
Lord of Ultima - Salah satu permainan video promosi dari EA Games yang kini tersedia gratis di Ubuntu Software Center.

Oleh karena kerja sama ini bersifat eksklusif, ini berarti permainan ini tidak dapat diakses dari repositori distro Linux lainnya. Maka berbahagialah para pengguna Ubuntu karena saat ini mulai ada harapan Ubuntu sebagai distro Linux yang bisa dimuat pelbagai permainan menarik.

Google Chrome OS mungkin salah satu yang bisa menyaingi Ubuntu dalam hal ini, namun karena Google Chrome OS hanya tersedia secara eksklusif melalui Chromebook saja, maka tidak semua orang bisa mengaksesnya kecuali melalui tablet Android. Ini akan menjadi persaingan yang menarik.

Pada akhirnya, permainan video menarik masih berada dalam kekuasan para pengembang peranti lunak tertutup. Penganut filosofi GNU dan peranti lunak terbuka mungkin akan tetap menunggu perkembangan permainan video setara dalam jangka waktu yang cukup lama.

Iklan

5 thoughts on “Ubuntu dan EA Games Berjabat Tangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s