Sinkronisasi Kalender Google, Gnome, Thunderbird, dan BlackBerry

Apakah Anda memanfaatkan kalender daring (online calendar) untuk melakukan organasasi kegiatan sehari-hari Anda? Maka Anda pasti ingin mendapatkan kalender tersebut yang menampilkan jadwal dan riwayat kegiatan Anda bisa muncul di manapun Anda mengaksesnya, baik melalui komputer, klien surat elektronik, hingga ke perangkat bergerak seperti BlackBerry.

Saya menggunakan layanan kalender untuk mengatur jadwal saya, sehingga kadang jika ada yang mengajak saya untuk jalan ke luar, saya pasti akan bilang, “tunggu dulu, saya lihat jadwal saya dulu“. Meski kemudian dianggap sok sibuk, tapi mengelola jadwal adalah hal yang cukup bermanfaat dan elegan yang dapat kita kerjakan. Saya bukan tipe orang yang muti-tasking, sehingga jadwal menjadi sesuatu yang teramat penting bagi saya.

Saya akan memberikan sebuah contoh di sini, saya memiliki perangkat notebook dengan sistem operasi Linux berbasis Gnome (openSUSE Tumbleweed) di dalamnya. Saya bekerja dengan klien surat elektronik Mozilla Thunderbird. Dan saya menggunakan perangkat bergerak BlackBerry. Anda mungkin menggunakan sistem operasi Windows 7 dengan Microsoft Office Outlook dan iPhone – prinsipnya akan sama saja saya kira.

Dan layanan utama yang saya gunakan adalah Google Calendar, mengapa? Karena saya malas membuat sistem sendiri jika sudah ada yang disediakan secara gratis secara daring. Namun bukan itu tentunya, saya merasa memerlukan sebuah sistem kalender terpusat, di mana semua sinkronisasi jadwal bisa dibuat dan dicadangkan. Bahkan ketika komputer atau ponsel cerdas rusak, maka sentra yang memuat riwayat dan jadwal kita tidak hilang begitu saja – semuanya tersimpan apik di Google Calendar.

Tentu saja untuk itu, saya memiliki akun di Google yang berbasiskan domain pribadi – meski ini tidak wajib. Tapi bukankah itu lebih asyik, ketika mengaksesnya dengan mengetik kalender.namasaya.com di kotak alamat URL? – misalnya.

Jika Anda sudah punya kalender di Google, maka sinkronisasi dengan perangkat bergerak akan mudah. Pengguna BlackBerry seperti saya akan dengan mudah melakukan sinkronisasi via layanan BIS, masukan alamat surel berbasis Google yang terhubung dengan kalender tersebut, dan biarkan opsi sinkronisasi kalender tercentang. Pengguna Android dan iPhone saya rasa seharusnya bisa melakukan hal yang sama.

Jadi, jadwal yang kita tambahkan di Google Calender akan bisa langsung muncul (setelah tersinkronisasi secara otomatis) pada ponsel cerdas BlackBerry. Meski tergantung kondisi server, ini bisa jadi memerlukan waktu lebih lama.

Saya menggunakan Mozilla Thunderbird sebagai klien surat elektronik, yang bermakna ketika saya bekerja dengan surat menyurat dan Internet, maka klien ini akan selalu aktif. Bisa dikatakan Thunderbird adalah aplikasi yang paling sering berjalan pada komputer saya selama beberapa tahun terakhir. Dan bagusnya, Thunderbird memiliki pengaya Lighting, yang merupakan kalender multi-fungsi yang sangat ampuh, termasuk fungsinya sebagai alarm.

Untuk mensinkronisasikan Lighting pada Thunderbird dengan Google Calendar, maka dua pertimbangan yang perlu diambil. Pertama apakah kalender pada Thunderbird nantinya hanya untuk dibaca saja (read-only), atau juga bisa dipakai untuk menulis/membuat jadwal (read and write).

Jika hanya untuk dibaca saja, maka cukup menambahkan kalender baru yang diambil dari berkas iCal milik Google Calendar. Namun jika hendak melakukan baca dan tulis sekaligus, menambahkan pengaya Google Calender pada Thunderbird adalah pilihan yang bijak, lalu menambahkan kalender baru ke Lighting yang diambil dari berkas XML dari Google Calendar kita. Teknis untuk hal ini dijelaskan pada halaman Wiki Mozilla.

Lalu kini ada Gnome 3 yang saya gunakan melalui openSUSE, siapa yang tidak akan jatuh hati pada tampilan kalender desktop-nya yang elegan. Permasalahannya adalah kalender tersebut “dimonopoli” oleh kalender bawaan Evolution, klien surat elektronik asali Gnome. Evolution adalah klien surel yang baik, namun mungkin tidak banyak yang menggunakan kalendernya.

Saya tidak tahu bagaimana mengubah kalender asali pada Gnome 3, misalnya ke Thunderbird atau Google. Namun Evolution bisa “dipaksa” untuk menggunakan kalender dari Google atau Thunderbird, sehingga kalender Gnome 3 juga akan secara otomatis menampilkan kalender kita. Konsep idenya kurang lebih demikian.

Kalender Baru
Menambahkan kalender dari akun Google ke kalender Evolution pada Gnome 3 openSUSE Tumbleweed.

Cara yang paling sederhana menurut saya adalah dengan menambahkan kalender baru  dari Google Calendar pada Evolution dan menjadikannya kalender asali. Teknis hal ini bisa dilihat pada gambar di atas, dan dibaca di artikel sinkronisasi Evolution dan Google Calendar.

Cara lain adalah melakukan sinkronisasi antara Lighting Thunderbird dan Kalender Evolution dengan menggunakan pengaya Evolution Mirror pada Thunderbird. Atau mengekspor kalender Lighting ke map lokal dan membuat kalender Evolution membaca data tersebut sebagai sumber kalendernya – teknisnya bisa dibaca di artikel Thunderbird Calendar for Gnome 3.

Apapun penyedianya, kalender secara digital (iCal) biasanya tersedia dalam bentuk ICS dan XML. Kedua berkas tersebut bisa diekspor dan diimpor, hal ini memungkinkan sebuah kalender yang dibuat/ditulis di salah satu penyedia/layanan akan bisa dibaca dilihat/dibaca di penyedia lainnya selama kedua (atau lebih) sistem dapat saling berkomunikasi (via Internet). Sehingga (hampir) semua perangkat yang memiliki koneksi Internet dan penyimpanan kalender digital, harusnya bisa saling bersinkronisasi.

Jika Anda memang cukup sering memanfaatkan fitur kalender digital/daring untuk profesi dan kerja, maka memahami konsep sederhana seperti akan sangat membantu – atau setidaknya memiliki sekretaris/asisten pribadi yang memahami ini juga akan sangat membantu.

Dengan adanya jadwal yang baik dan teratur, serta aplikasi pengingat (seperti alarm) yang saling terhubung antara perangkat. Maka kita bisa mengurangi efek budaya jam karet, mungkin bukan untuk orang lain – tapi bagi diri kita sendiri. Dan tentu saja efek luasnya adalah meningkatkan budaya disiplin tepat waktu dalam suatu negara.

Iklan

5 tanggapan untuk “Sinkronisasi Kalender Google, Gnome, Thunderbird, dan BlackBerry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s