Repositori Fonta M17N untuk openSUSE

Keberadaan fonta pada Linux bisa sangat banyak, tergantung sumber yang kita gunakan. Pada openSUSE misalnya, saya menambahkan respositori M17N:fonts sebagai salah satu sumber fonta. Repositori ini berisi sejumlah karya pendesain kreatif yang menyumbangkan fonta-nya ke dalam OFL (lisensi fonta terbuka), dan berisi lebih dari 100 fonta gratis.

Yang termasuk di antaranya adalah Exo Typeface Family yang terkenal sebagai fonta geometris kontemporer. Ada juga Linux Libertine yang sudah sangat dikenal di mana-mana. Atau secuil dari Google Webfonts yang banyak dimanfaatkan oleh para naradesain web. Dengan koleksi ini, Anda bisa menghasilkan teks yang memenuhi unsur keterbacaan dan dibuat menarik sesuai selera Anda, baik untuk dokumen yang dicetak maupun yang diunggah ke web.

Jangan kaget jika mungkin nama fonta akan berubah dari yang pernah Anda kenal. Karena saat ini openSUSE menggunakan konvensi terbaru untuk penamaan paket fonta yang ada. Jika Anda ingin menyumbangkan fonta Anda, ada baiknya membaca terlebih dahulu tentang pemaketan fonta openSUSE.

M17N akan menjadi repositori untuk fonta yang ada saat ini ataupun yang akan ada di masa mendatang. Anda bisa menambahkannya ke dalam repositori yang digunakan. Bagi yang menggunakan openSUSE 12.1 Asparagus, dapat menambahkan repositori berikut melalui terminal:

zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/M17N:/fonts/openSUSE_12.1/ M17N:fonts.repo

Sedangkan pengguna seri lain bisa menyesuaikan, silakan menggunakan tautan M17N pada paragraf awal. Atau Anda bisa menambahkannya secara manual dari antarmuka pengelolaan repositori pada YaST.

Selamat mencobanya. Dan jangan lupa, setelah memasang repositori, Anda baru bisa memasang fonta yang Anda inginkan melalui install/remove software.

Iklan

2 tanggapan untuk “Repositori Fonta M17N untuk openSUSE

    1. Sementara untuk openSuSE saja, karena repositorinya dibuat untuk openSUSE. Tapi kalau OBS semestinya juga bisa digunakan pada distro Linux lain. Sedangkan OFL seharusnya juga bisa digunakan pada Mac OS dan Windows, tapi teknis mendapatkannya saya kurang tahu.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s