Flashback Trojan di Ms Word pada Mac OSX

Pertengahan bulan ini, sempat beredar luas virus komputer yang menyerang produk Apple: Mac OS melalui celah keamanan pada Microsoft Word yang terpasang pada produk Apple. Microsoft Office memang cukup banyak digunakan, termasuk pada produk Apple. Jadi jika Anda menggunakan produk Mac OS untuk versi Microsoft Office 2004 dan 2008, segeralah diperbarui tambalannya.

Pun demikian, ada kemungkinan virus komputer ini akan terus mendatangani komputer Anda. Karena pada dasarnya Mac OS X tidak kebal virus komputer. Anda mungkin bisa mempertimbangkan produk antivirus untuk Mac OS X Anda, seperti misalnya avast! for Mac yang gratis.

Pastikan beberapa hal di bawah ini untuk menghindari kerusakan lebih jauh, karena setidaknya lebih dari 600.000 mesin Mac OS X sudah terinfeksi menurut berita di media massa.

  1. Update selalu patch untuk setiap aplikasi pada Mac OS X.
  2. Pastikan aplikasi dari vendor tepercaya.
  3. Jangan gunakan aplikasi bajakan.
  4. Gunakan peranti lunak keamanan (antivirus misalnya).
  5. Migrasi ke aplikasi alternatif jika solusi lain tidak membantu, misalnya Ms Office ke Libre Office.

Semoga dengan tips tersebut, masalah keamanan pada Mac OS X dapat diatasi. Saya bukan ahli keamanan Mac OS X. Jika Anda memerlukan lebih banyak tips, silakan merujuk pada forum dan sumber yang lebih membahasnya secara detail.

Iklan

4 thoughts on “Flashback Trojan di Ms Word pada Mac OSX

  1. makasih ya akhirnya ada artikel yang mac juga…. betul dia tidak kebal juga dengan virus… kita juga harus sering update OSnya.. biasanya kalau ada issue virus ditemukan mac langsung suruh kita semua update…

    Suka

    1. He he…, kalau saya pegang Mac, mungkin artikelnya akan lebih banyak lagi :D.
      Tidak cuma Mac OS, nyaris semua sistem operasi memiliki standar keamanan serupa yaitu dengan menutup celah keamanan yang ada.

      Suka

  2. pada bulan (sekitar febuari). saya mendengar masalah virus os x ini. dan katanya virus ini berasal dari installer flash player untuk mac yang palsu. ngomong2, animasinya lumayan lucu ;D

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s