Google Masih Rujukan SEO-mu?

Banyak narablog (blogger) yang berjingkrak pasca berhasil menerapkan teknik SEO (optimisasi mesin telusur) pada blognya, dan mendatangkan banyak penelusuran dari mesin pencari – dan yang paling populer adalah Google. Beberapa narablog ataupun webmaster tampaknya memang memerlukan nilai lalu lintas yang tinggi dari mesin pencari.

Saya sendiri sebenarnya tidak begitu menyukai lalu lintas data yang tinggi pada blog saya. Jika blog berkembang dengan wajar dan memiliki kesinambungan pengelolaan yang baik, memang mendapatkan 1.000 kunjungan awal akan lebih sulit daripada mendapatkan 10.000 kedua. Saya rasa itu wajar-wajar saja, jika Anda memiliki 10 tulisan dan seharinya ada 2 tulisan yang membaca dari rujukan mesin pencari, itu sudah bagus.

Yang tidak saya sukai adalah ketika SEO justru tidak memberikan nilai yang tepat. Misalnya ketika Anda mencari artikel “A”, namun oleh mesin telusur diarahkan ke artikel “B” yang kebetulan menjebak dengan kata kunci yang tepat (baik dengan sengaja maupun tidak), maka saya rasa itu sebuah kegagalan dari sistem mesin telusur.

Jika terjadi karena sengaja, maka bisa dikatakan itu adalah kejahatan kemanusiaan – karena seseorang telah sengaja merencanakan merampas hak orang lain untuk mendapatkan informasi yang tepat. Penganut black hat SEO mungkin adalah beberapa di antara penjahat kemanusiaan ini. Dan ketika algoritma baru dari mesin telusur mementalkan mereka, saya rasa itu sudah sewajarnya.

Permasalahannya adalah, ketika tidak sengaja – namun mesin telusur tetap mengarahkan pada artikel B. Maka saya rasa itu murni kesalahan mesin telusur. Saya berkali-kali menemukan bahwa ada orang yang tersesat ke blog saya dengan kata kunci yang sebenarnya tidak akan pernah ditemukan pada konten blog saya. Dan Google gemar sekali mengirimkan orang ke alamat yang salah, baik dari era pra-Panda hingga pasca-Penguin saat ini.

Beberapa bulan ini, saya mengikuti tulisan webmaster di Bing, beberapa coba saya terapkan – meski sebenarnya saya sudah menerapkan sejumlah besar secara otomatis sejak dulu. Dan dalam dua bulan terakhir, rujukan tepat diarahkan oleh mesin telusur seperti Yahoo dan Bing ke blog ini – saya rasa itu sangat baik. Saya tidak ingin orang datang ke blog ini dan tidak menemukan apa yang dicarinya.

Bahkan kini pemberi lalu lintas data tepat cari yang terbesar berturut-turut adalah Bing dan Yahoo, meskipun Google masih memberikan 50-60% lalu lintas rujukan total yang masuk ke blog ini. Bagi saya ini menguntungkan, karena saya tidak perlu menjawab banyak pertanyaan yang salah sasaran, dan bagi pengunjung akan bagus – terutama yang menggunakan Bing dan Yahoo, setidaknya mereka menemukan artikel yang tepat.

Iklan

7 tanggapan untuk “Google Masih Rujukan SEO-mu?

  1. betul sekali sih.. saya sampai hari ini masih belum benar benar mudeng saya SEO SEO itu.. tau secara garis besar, tapi impactnya seperti apa juga tidak terlalu jelas.. nanti deh.. sekarang lagi konsetrasi nulis aja…

    Suka

    1. Itu kan karena saya memang ada “keusilan” di sisi itu. Jika kepentingannya hanya menuangkan ide dan pikiran, maka hanya menulis adalah pilihan yang paling bijak :).

      Suka

  2. Aku masih pake Google 🙂
    Hahah..jadi inget, dulu ada yang masuk blogku dengan kata kunci: bakpia.
    Gara-gara kamu itu mah, bukan salahnya Google 😛

    Suka

  3. Aneka eksperimen “topi hitam” itu memang mengesalkan kita sebagai pencafri informasi. Lebih mengesalkan lagi kalau tulisan kita dikopas oleh pemain topi hitam.

    Mesin pencari akhirnya juga kebingungan di tengah belantara teks. Kalau saya lihat beberapa kata pencarian di blog saya, kadang isinya bukanklah sajian utama blog saya. 😀

    Dulu banget, pada awal blog, saya nggak ngerti SEO dan SEO memang belum marak. Maka untuk lucu-lucuan saya menaruh kata apa saja di meta name (bukan di WP), siapa tahu ada yang baca. Setelah itu ada yang memberitahu bahwa yang saya maksudkan lucu-lucuan itu terbaca oleh mesin pencari. 😀

    Suka

  4. Sebagai user, saya belum pernah nyoba searching di SE selain Google. Mungkin sesekali perlu di coba untuk melihat apakah SE yang lain bisa memberikan hasil pencarian yang lebih memuaskan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s