Menyederhanakan Tampilan Blog di 2013

Menjelang akhir minggu ke-2 awal tahun 2013, saya melakukan sedikit perubahan pada penampilan blog ini. Seiring berubahnya penggunaan teknologi, dari era PC dan netbook beralih ke penggunaan ponsel cerdas dan komputer tablet, maka saya melakukan sedikit pendekatan ke arah tersebut. Sedemikian hingga blog ini menjadi cukup ramah diakses pada perangkat-perangkat tersebut.

Jadi saya meminjam tema Clean Retina dari koleksi tema WordPress konsep kaya fitur namun tetap sederhana. Karena saya tidak memiliki banyak kemewahan untuk mengolah kembali sumber kodenya, maka saya pun memanfaatkan sejumlah pengaya tambahan untuk menyelesaikan beberapa hal menyangkut kode-kode tersembunyi yang saya gunakan pada blog saya ini.

Saya mengurangi banyak beban markah kode pada penampilan baru ini, menyisakan beberapa yang masih saya perlukan. Jika Anda lihat, tampilannya lebih bersih, sejumlah iklan dikurangi. Karena meskipun peramban pada komputer bisa dengan mudah dipasang penahan iklan, namun tidak demikian halnya dengan peramban pada ponsel cerdas ataupun tablet. Mungkin ini akan dicarikan solusinya di kemudian hari.

Tampilan blog
Tampilan blog “Bhyllabus” dengan menggunakan tema Clean Retina, baik pada layar notebook dan komputer tablet.

Saya masih mempertahankan Disqus sebagai media komunikasi dan komentar di blog ini sebagaimana di blog-blog lainnya. Sistem yang ditawarkan oleh Disqus belum bisa digantikan oleh fitur-fitur lain yang saya ketahui. Disqus bisa diterima baik pada peramban komputer dekstop maupun perangkat mobile/seluler. Bisa diakses dengan baik pada tablet dengan peramban berbasis Webkit (iOS, Android, Tizen, Firefox OS, BlackBerry OS di atas versi 6.0). Yang membatasi mungkin hanya lebar pita Internet yang tersedia bagi pengakses. Dan Disqus akan memberikan tekanan terhadap jumlah komentar yang masuk, sehingga jumlah komentar tetap berada dalam batas yang minimal.

Saya juga menghilangkan bilah sisi sehingga tidak mengganggu pembaca dalam menelusuri konten yang disajikan dalam blog ini. Beberapa informasi akan dipindahkan ke bagian kaki blog selama dianggap esensial.

Apa yang menjadi target saya sekarang adalah dapat menulis dengan tenang di sela-sela kesibukan, dan bagi mereka yang membaca tulisan itu akan tetap merasa nyaman, meskipun pada akhirnya tidak meninggalkan komentar apa-apa. Saya harap semua bisa terpenuhi pada perubahan yang baru ini.

Happy reading my dear readers!

Iklan

10 tanggapan untuk “Menyederhanakan Tampilan Blog di 2013

  1. Aku kenal disqus baru dari blog ini.. BTW memang sekarang lagi trennya tampilan blog yang bersih gini ya, buat yang baca juga lebih nyaman. Sayangnya aku pakai blogspot jadi pilihan theme gak sebanyak wordpress, aku hanya pakai theme bawaan aja.

    Suka

    1. Disqus sudah ada sejak lama, hanya mungkin belum banyak digunakan di Indonesia. Soalnya koneksi kita di Indonesia membuat banyak orang menyerah menggunakan Disqus.

      Suka

  2. iya, lebih ringan nih. Saya juga rencananya mau ganti theme lagi nih. Terlalu berat yang sekarang. Nunggu ada waktunya saja lah.. Anyway, bagus nih themenya..

    Suka

        1. He he… Biasanya blog yang suka gonta gonti tema orangnya memang gampang bosan. Maksudku sebagai narablog Deva, pasangan hidup-mu kan blog itu. Kalau aku sih polibloggger, bukan poligami lho :p.

          Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s