Peningkatan ke LibreOffice 4

Beberapa waktu yang lalu, The Document Foundation merilis LibreOffice 4 – aplikasi perkantoran yang tipe berkas olahannya menjadi standar Internasional dan SNI kita saat ini. Saya pun mengunduh aplikasi ini untuk Windows Vista saya, karena biasanya jika di Linux, pembaruan akan dilakukan secara otomatis.

Saya memang selalu mengerjakan tugas perkantoran seperti mengetik dokumen, membuat salinda presentasi, membuat bagan dan lain sebagainya dengan menggunakan LibreOffice. Jadi saya tidak bergantung lagi pada produk proprietary Microsoft Office. Dan jika Anda melirik dengan seksama catatan rilisnya, maka banyak hal bisa dilakukan dengan sangat baik menggunakan aplikasi ini.

Ukuran berkasnya tidak begitu besar untuk diunduh ke Windows, sekitar kurang dari 200 MB, termasuk untuk berkas bantuan dalam bahasa Indonesia. Saya memilih mengunduh menggunakan aplikasi P2P (berkas torrent), karena lebih mudah pada jalur lalu lintas data yang padat.

Saat memasangnya, aplikasi LibreOffice 3 yang lama akan langsung digantikan dengan versi 4 yang baru, jadi tidak perlu membuang aplikasi lama terlebih dahulu.

LibreOffice 4
Tampilan LibreOffice 4 Writer pada Windows Vista Business yang saya gunakan.

Saat menggunakan Impress atau mungkin sebagian besar dari Anda akan menyangkannya seperti fungsi Power Point pada Microsoft Office, kini pengguna bisa menggunakan Impress Remote yang bisa digunakan pada perangkat Android untuk melakukan presentasi jarak jauh tanpa perlu berada di dekat komputer. Sayangnya saat ini baru bisa diaplikasikan pada Linux, rencananya Mac dan Windows akan didukung pada rilis selanjutnya.

LibreOffice 4 kini bisa membuka berkas dari seri PPTX lebih baik, dan menyimpannya dalam format terbuka dengan lebih sesuai. Beberapa jenis fonta baru juga ditambahkan seperti Open Sans (Ascender), PT Serif (ParaType), Source Code Pro and Source Sans Pro (Adobe).

Jika Anda ingin mendapatkan LibreOffice untuk Windows atau Mac, silakan mengunduh langsung di situs resminya. Sementara pengguna Linux terutama dengan Dekstop Gnome biasanya akan mendapatkannya secara langsung, sedangkan pengguna KDE bisa mempertimbangkan Caligra Suite yang juga mumpuni seperti layaknya OpenOffice.

Iklan

6 tanggapan untuk “Peningkatan ke LibreOffice 4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s