OpenSUSE 12.3 Dirilis!

Saya tidak tahu mengapa, namun sejak beberapa prarilis yang disebarkan, tampaknya edisi ini cukup memikat saya. Sayangnya saya harus mengakui bahwa mengunduh dalam jumlah besar bukanlah pilihan bagi yang saat ini berada di wilayah pinggiran. Sebenarnya saya ingin sekali mencicipi sistem operasi openSUSE 12.3 ini, tapi untuk saat ini mari saya perkenalkan saja sebagai catatan kecil.

Ada beberapa poin yang menarik pada openSUSE 12.3 (entah apa kode namanya kali ini). Misalnya desktop KDE 4.10 yang merupakan salah satu yang paling cantik saat ini, pun demikian saya masih memilih GNOME jika seandainya memasang nanti. Lalu ada desktop baru E17, seperti apa ini? Saya sendiri juga penasaran.

Komputasi awan semakin ditingkatkan, belum lagi dukungan UEFI untuk perangkat x86_64, yang memungkinkan dipasangkan dengan Windows 8. Tapi saya rasa openSUSE sendiri sudah cukup tanpa perlu adanya Windows sebagai sistem dual-boot.

openSUSE 12.3
Tampilan acak dekstop KDE 4.10 pada prarilis openSUSE 12.3. Sumber: Album Picasa.

Satu hal yang cukup berubah saat ini adalah bentuk live media yang diberikan untuk dekstop KDE dan GNOME. Kalau dulu didesain untuk CD/DVD, sekarang lebih didesain untuk kandar kilat USB, sehingga besarnya bisa mencapai 1 GB. Namun tentu saja di dalamnya sudah tersedia peranti lunak tangguh seperti Libre Office 3.6 hingga GIMP, terdapat juga peralatan seperti gParted dan gRsync.

Jika Anda tertarik maka beberapa tautan ini bisa membantu:

Masih punya pertanyaan? Silakan bergabung di Komunitas openSUSE Indonesia, Anda mungkin menemukan bantuan dan hal-hal menarik di sana.

Iklan

4 thoughts on “OpenSUSE 12.3 Dirilis!

  1. open suse yang baru ini bisa didual boot sama windows 8? jadi anggapan selama ini yang menyatakan windows menghalangi sistem operasi lain dipasang berdampingan dengan windows 8 sudah bukan masalah lagi, atau saya yang sudah semakin jauh ketinggalan masalah teknologi ini ya Bli?

    Suka

    1. Ndak cuma openSUSE, bahkan Fedora dan Ubuntu juga punya kunci mengakali secure boot. Kalau distro lain menunggu key baru dari pengembangan kernel Linux, sudah ada sih – baru diumumkan, tapi kapan bisa diaplikasikan, saya belum tahu.

      Suka

  2. He he… Saya pengguna lawas, belum update. Komputer saya yang kenceng masih di Bali, padahal itu yang biasanya saya pakai nyoba DE. Jadi mungkin ya setara lah, kalau dari kabar-kabar selama ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s