Mencari Alternatif untuk Google Reader

Oleh karena pengumuman penutupan layanan Google Reader oleh pemiliknya per Juli mendatang, banyak orang mengalami kewalahan. Apalagi jika di sana sudah tersusun rapi banyak sekali bahan bacaan Anda di dalamnya. Seperti kehilangan sebuah kolam inspirasi bagi mereka yang selama memanfaatkan Google Reader.

Namun sebenarnya mungkin tidak perlu terlalu pusing, karena di luar sana ada banyak pembaca umpan RSS yang lebih menawan dibandingkan Google Reader, yang saya sendiri sudah jarang mengaksesnya (sebagian besar) karena kesibukan. Kembali ke topik, ada beberapa pembaca umpan RSS yang bisa kita coba.Pengguna Windows bisa memanfaatkan layanan seperti FeedDaemon (yang saya gunakan) atau RSS Bandit. Bagi Pengguna Linux bisa menggunakan Liferea (yang saya gunakan juga), Akregator atau yang mirip dengan program berbasis terminal seperti Canto. Sedangkan mereka yang menggunakan Mac, iPhone dan iPad mungkin akan lebih nyaman menggunakan NetNewsWire – setidaknya ada pengguna yang menyampaikan hal itu pada saya.

Bagi pengguna peramban (Safari, Chrome dan Firefox) serta iOS dan Android – ada pembaca RSS yang cantik bernama Feedly.

Feedly
Tampilan Feedly di Smartphone Android

Permasalahannya adalah Feedly masih menggunakan integrasi dengan Google Reader, entah apakah masih akan berfungsi atau tidak jika nanti layanan ini ditutup.

Jika Anda ingin sesuatu yang lebih eksklusif, maka Netvibes dapat dicoba – layanan dasarnya untuk menggantikan Google Reader bisa diperoleh secara gratis, sedangkan layanan plusnya harus merogoh anggaran hingga lima juta rupiah per bulan.

Layanan NewsBlur yang relatif baru juga sepertinya menarik. Hanya saja versi gratisnya terbatas hanya untuk 64 situs, satu kali pembaruan. Namun dengan membayar $24 per tahun, Anda bisa mendapat beberapa layanan tambahan.

Yang terakhir mungkin adalah Thunderbird, meskipun sebagian besar orang memanfaatkannya sebagai pembaca surat elektronik. Namun saya menempatkan beberapa agregasi di dalamnya. Jika Anda mengunduh pencadangan Google Reader, maka berkas XML/OMPL bisa dieskpor hampir ke semua jenis pembaca RSS, termasuk yang dimiliki oleh Thunderbird.

Iklan

8 thoughts on “Mencari Alternatif untuk Google Reader

  1. saya pake feedly, sudah coba tapi masih banyak penyesuaian… padahal google reader sudah menarik sekali.. buat saya itu one stop shoppingnya google.

    Suka

  2. Ndak bisa, tetap harus ke situs yang bersangkutan untuk komentar. Tapi beberapa suka membaca tanpa berkomentar, dan bagi gemar jadi silent reader, ini akan bermanfaat :).

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s