Avast Pembersih Peramban

Dikenal sebagai avast! browser cleaner, produk aplikasi ini tersedia bersama avast! antivirus ataupun bisa diunduh secara tersendiri. Fungsinya adalah membersihkan peramban yang kita gunakan (seperti Internet Explorer, Firefox dan Google Chrome) dari baris alat (toolbar) yang tidak diinginkan. Saya banyak memanfaatkan peranti lunak gratis (free software) yang berdampak pada iklan toolbar terpasang di peramban yang saya gunakan, meskipun sudah cukup selektif memilih metode pemasangan aplikasi, beberapa kadang lolos juga.

Baris alat ini bisa jadi begitu melelahkan, kadang membuat layar peramban semakin kecil karena mereka bertumpuk-tumpuk menjadi satu. Atau kadang mengubah mesin pencari utama, mengarahkan pada halaman yang tidak diinginkan. Kadang yang lebih buruk lagi, memata-matai aktivitas kita selama berselancar di dunia maya.

Inilah sisi buruk software gratis, beberapa memanfaatkan celah yang tidak kita sadari menanamkan peranti lunak jahat atau peranti lunak mata-mata ke dalam sistem kita tanpa kita ketahui; sama berisikonya ketika menggunakan software bajakan. Hal yang sama juga terjadi pada Android.

Pengguna Windows seperti saya akan memanfaatkan sebuah aplikasi yang langsung terintegrasi dengan avast! Internet Security yang saya gunakan.

Avast! Antivirus
Aplikasi yang berfungsi untuk membersihkan peramban bisa diakses melalui antarmuka avast! antivirus langsung.
Avast Browser Cleaner
Avast Browser Cleaner membantu kita membersihkan toolbar yang mengganggu atau membandel pada peramban seperti Firefox atau Chrome.

Penggunaannya cukup mudah, fungsinya mulai dari membersihkan baris alat, atau pengaya yang tidak diinginkan pada peramban, hingga melakukan penyetelan ulang (reset) sedemikian hingga kembali pada pengaturan asalinya.

Prinsipnya, jika tidak dikenal, bersihkan saja pengaya atau ekstensi yang ada. Kecuali komputer dan Windows Anda disetelkan oleh pihak ketiga ya mungkin susah mencari tahu. Bersihkan saja yang mencurigakan. Jika membandel, lakukan reset peramban dengan mempertahankan pengaya yang baik atau dikenal.

Jika ragu, ikuti petunjuk video di bawah ini tentang bagaimana cara menggunakannya. Selamat mencoba:

Iklan

2 tanggapan untuk “Avast Pembersih Peramban

  1. aih … cinta Indonesia sekali bli 😀 bahkan Avast pun menggunakan opsi bahasa indonesia. Avast sekarang keren bli, bahkan saya tidak perlu memasang aplikasi pendeteksi update software-nya filehippo, Avast memberitahukan saya software apa saja (yang non-microsoft) yang harus segera dipdate :mrgreen: mantab deh. Makanya sekarang komputer saya diganti Avira-nya 😀 …

    Suka

    1. Iya, untuk beberapa software yang rawan diserang, avast menyediakan pengingat pembaruan atau peningkatan software tersebut sehingga bisa membantu menutup celah keamanannya.

      Bahasa Indonesia saya pakai jika supaya mudah saja. Bahasa asing saya kan ndak bagus :).

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s