Jolicloud DE pada Ubuntu 13.04

Salah satu distro Linux favorit saya Joli OS, kini hadir dalam kemampuan Jolidrive-nya melalui Jolicloud Desktop Environment (JDE) di Ubuntu, dan sudah bisa dicoba pada Ubuntu 13.04 Raring Ringtail yang saya gunakan. Ini adalah satu lingkungan kerja berbasis komputasi awan yang paling populer saat ini. Mungkin karena Joli OS lawas yang berbasis Ubuntu lawas sudah tidak bisa digunakan di banyak tempat, maka sebuah opsi memindahkan sistem/lingkungan Jolidrive ke distro stabil seperti Ubuntu teranyar menjadi solusi yang dianggap cukup baik.

JDE ini masih merupakan uji coba pada Raring Ringtail, namun sudah bisa digunakan pada dua versi Ubuntu sebelumnya. Dulu saya sempat mau mencoba memasang Joli OS 1.2 pada Asus X201E yang saya punya, namun sayang, sistem operasi itu terlalu lawas untuk dapat berjalan pada mesin baru – walau pun harus diakui salah satu nilai lebihnya adalah membuat mesin lama berjalan dengan sangat baik dan tampak modern.

Melalui komunikasi singkat di Twitter, saya tahu bahwa aplikasi DE ini bisa diuji coba pada Ubuntu yang baru. Hanya saja memang tidak disarankan untuk digunakan sebagai lingkungan kerja utama, karena masih dalam tahap pengembangan.

https://twitter.com/jolicloud/status/336482984435789824

Panduan memasangnya saya ambil dari tulisan OMG Ubuntu. Gunakan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:jolicloud-team/ppa

Lalu lakukan pembaruan data repositori:

sudo apt-get update

Setelah itu, kita bisa memasang Jolicloud DE pada Ubuntu:

Klik untuk memasang JoliDE pada Ubuntu

Setelah pemasangan selesai, silakan logout dan masuk dengan memilih Jolicloud sebagai lingkungan kerja. Saat ingin kembali ke desktop Unity milik Ubuntu, perlu dipilih ulang lagi dari awal.

JDE
Jolicloud tersedia sebagai pilihan desktop pada Ubuntu 13.04 Raring Ringtail.

JDE memberikan lingkungan kerja tersendiri, yang jauh lebih sederhana dibandingkan Unity yang dibawa oleh Ubuntu secara asali. Namun, untuk masalah tampilan yang elegan, Unity mungkin lebih menarik, setidaknya bagi saya.

Anda bisa mencobanya, dan lihat sendiri, meskipun belum matang saat ini. Namun siapa tahu bisa menjadi pilihan Anda untuk bekerja ke depannya. Pun demikian, jangan lupa bahwa Jolicloud berbasis komputasi awan, sehingga Anda mungkin memerlukan koneksi Internet yang mumpuni untuk bisa menggunakannya secara optimal.

Iklan

7 tanggapan untuk “Jolicloud DE pada Ubuntu 13.04

  1. Nggak pake uBuntu mas, jadi ya hanya bisa sekedar baca2 doang 😀
    Btw, itu perintah2nya apa gak bikin pusing ya mas?
    Atau mungkin karena sayanya aja ya yang masih awam dengan uBuntu 😀

    Suka

    1. Saya biasanya pakai Linux Live USB Creator pada Windows. Software-nya bisa diunduh dengan gratis. Nanti ISO-nya akan langsung dikenal. Di situs tembus sudah ada panduannya untuk Linux secara umum.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s