Gerakan Jolla – Harapan Baru Smartphone Terbuka

Sudah lama saya tidak terlalu terinspirasi dengan Android, namun apa boleh buat, hanya itu satu-satunya sistem operasi mobile terbuka dengan pengembangan mumpuni saat ini. Dulu saya berharap besar pada MeeGo, namun Nokia membuangnya begitu saja, dan berakhir pada Nokia N9 – yang jika Anda pernah memegangnya, tentu akan memahami keunggulannya.

Tizen dari Linux Foundation akan segera keluar dengan dukungan dari Samsung, ini harapan baru. Firefox OS dan Ubuntu Phone juga tidak akan lama lagi menyusul pasar smartphone berbasis sistem operasi terbuka. Nokia dengan Windows Phone bisa jadi cukup bangga bulan-bulan ini karena sudah berhasil menyusul pasar dan mengalahkan BlackBerry yang baru saja meluncurkan produk barunya. Tapi kejutan datang dari sudut yang tidak terduga.

Para pengembang sistem operasi MeeGo tampaknya tidak puas dengan keputusan para petinggi Nokia yang menyingkirkan karya mereka begitu saja. Kini mereka menciptakan Jolla, smartphone pertama berbasis sistem operasi Sailfish yang dikembangkan dengan cantik menurut saya.

The Sailfish OS is a mobile-optimized operating system that has the flexibility, ubiquity and stability of the Linux core with a cutting edge user experience built with the renowned Qt™ platform.

Bagi mereka yang merupakan pengguna Nokia high-end lama, pasti akan tertarik dengan ponsel ini. Hanya saja Jolla merupakan sebuah pergerakan, sehingga yang diperlukan sekarang adalah dukungan oleh masyarakat pengguna teknologi. Para pengembang ingin memperlihatkan pada dunia, bahwa teknologi yang mereka kembangkan selama ini sama sekali tidak kalah dengan teknologi ponsel cerdas lainnya – setidaknya begitu yang saya tangkap.

Jolla Smartphone
Tampilan pra rilis Jolla Smartphone. Teknologi di dalamnya mengusung Sailfish OS yang merupakan kelanjutan dari Meego dan Nemo.

Teknologi Jolla saat ini berfokus pada sistem operasi Sailfish menurut saya. Jolla didesain spesifikasi:

  • Layar Estrade 4,5″
  • Prosesor dua inti dan kemungkinan teknologi 4G (tergantung negara) pemesan
  • Ruang penyimpanan 16 GB + Micro SD

Dan sejumlah spesifikasi yang sulit, seperti kamera 8 MP AF. Harganya sekitar $510, dan hanya bisa didapatkan saat ini melalui pemesanan (pre order) dan ditarget bisa dikapalkan akhir tahun 2013. Aplikasinya belum tersedia banyak, tapi Anda bisa memasang aplikasi dari perangkat Android ke dalam Jolla.

Sekali lagi, Jolla saat ini adalah sebuah pergerakan, Anda bisa membantu mereka dengan memesan produk ini dan membuktikan bahwa meskipun kecil, mereka memiliki peluang pasar. Bagi para pengembang bisa membantu menciptakan aplikasi, dan bagi para perancang bisa membantu merancang antarmuka Jolla. Dan bagi penulis seperti saya, saya akan membantu melalui tulisan ini – untuk sebuah peranti cerdas berbasis sumber kode terbuka.

Semua itu dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi mereka di: join.jolla.com.

Iklan

2 tanggapan untuk “Gerakan Jolla – Harapan Baru Smartphone Terbuka

  1. saya hanya bisa mendukung dengan doa LOL … sebagai pengguna hape tidak lebih dari 300 dollar sangat sulit untuk mendukung pergerakan ini LOL … saya berharap besar kepada bli hehehe … semoga nanti ada reviewnya di sini 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s